Pengabdian Teknologi Informasi dalam Pendidikan: Pembuatan Website di SMK Inovasi Riau

  • Fajrizal Fajrizal Universitas Lancang Kuning
  • Taslim Taslim Universitas Lancang Kuning
  • Susi Handayani Universitas Lancang Kuning
  • Syahril Syahril Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Internet, Website Sekolah, Komunikasi, Kualitas Pendidikan, Akses Informasi

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, terutama internet, telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam konteks pendidikan, pemanfaatan website sekolah menjadi sangat penting. Website sekolah memungkinkan siswa, orang tua, guru, dan masyarakat untuk dengan mudah mengakses informasi sekolah, meningkatkan komunikasi efektif, dan memperbaiki kualitas pendidikan. Metodologi pengabdian dalam penelitian ini mencakup langkah-langkah yang sistematis, mulai dari survei awal hingga pelatihan pengelolaan website. Evaluasi dilakukan untuk mengukur efektivitas penggunaan website dalam meningkatkan akses informasi, komunikasi, dan efisiensi administrasi sekolah. Hasil evaluasi menunjukkan perubahan positif dalam praktik komunikasi dan akses informasi di SMK Migas Inovasi Riau melalui pemanfaatan website sekolah. Website ini tidak hanya menyediakan informasi, tetapi juga berfungsi sebagai platform interaktif yang memperkuat keterlibatan semua pihak di sekolah. Kesimpulannya, pengabdian melalui pembuatan website telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperkuat peran sekolah sebagai pusat pendidikan yang terkoneksi dan inklusif, memungkinkan pembelajaran yang lebih terjangkau, dan membuka peluang jejaring dengan dunia luar. Dengan terus mengembangkan praktik ini, sekolah dapat terus meningkatkan inovasi dan kualitas pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chalim, S. (2018). Jurnal Penyuluhan, Maret 2018 Vol. 14 No. 1 Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran The Role of Parents and Teachers in Building the Internet as a Source of Learning. 14(1), 33–42.
Herlina, R. (2019). Manfaat Internet Corporate sebagai Media Relations Hotel Java Retro & Suites. 2(1), 32–39.
Indra Maipita, Fitrawaty, Faisal Rahman Dongoran, D. A. B. (2023). View of Digitalisasi Sistem Informasi dan Administrasi Desa Sebagai Upaya Menuju Desa Cerdas di Desa Kolam, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumatera Utara.pdf.
Qoid, M., Munif, M., & Jadid, U. N. (2020). MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF GURU DAN SISWA DI MADRASAH DALAM PERSPEKTIF ILMU KOMUNIKASI. 2, 96–113.
Rahman, D., Tinggi, S., Tarbiyah, I., & Barat, S. (2019). Maktabatun : Jurnal Perpustakaan dan Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar dan Informasi Keywords :
Studi, P., Agama, P., Parepare, U. M., Studi, P., Agama, P., Parepare, U. M., & Belajar, S. (2021). PERANAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XI. X.
Tekege, M., Studi, P., Informatika, T., Satya, U., Mandala, W., & Informasi, T. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran sma yppgi nabire. 2(1), 40–52.
Published
2023-09-30
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 12 times