Pengolahan Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme Bagi Masyarakat Kelurahan Limbungan

  • David Setiawan Universitas Lancang Kuning
  • Rina Novia Yanti Universitas Lancang Kuning
  • Abrar Tanjung Universitas Lancang Kuning
Keywords: sampah, organik, eco-enzyme, manfaat, masyarakat

Abstract

Sampah bukan lagi personalan yang ada di kota pekanbaru, namun sudah menjadi persoalan dunia. Setiap orang yang lahir akan memberikan kontribusi sampah setiap harinya, begitu juga sampah organik yang dihasilkan setiap hari. Sampah organik yang tidak dikelola atau dicampur dan dibuang akan menimbulkan dampak lingkungan, salah satunya bau yang tidak sedap dan kuman. Sampah organik penyembab bau dan kuman harus diolah agar menjadi bermanfaat dan bernilai ekonomi, salah satunya adalah diolah menjadi eco-enzyme. Pengabdian kepada masyarakat ini akan fokus pada pelaksanaan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat dalam mengolah sampah organik menjadi eco-enzyme. Tim berharap, ilmu yang diberikan dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari sehingga sampah organik yang dihasilkan setiap hari selesai di rumah sendiri dalam bentuk eco-enzyme.

                 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chandra, Y. N., Hartati, C. D., Wijayanti, G., & Gunawan, H. G. (2020). Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Organik Menjadi Bahan Pembersih Rumah Tangga. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2011), 77.
Dewi, M. A., Anugrah, R., & Nurfitri, Y. A. (2017). Uji Aktivitas Antibakteri Ekoenzm terhadap Escherichia coli dan Shigella dysenteriae. In Seminar Nasional Farmasi (SNIFA) 2 UNJANI (Vol. 01, pp. 60–68).
Thirumurugan, P., & Mathivanan, K. (2016). Production and Analysis of Enzyme Bio-cleaners from Fruit and Vegetable Wastes by using Yeast and Bacteria.
Yanti, D., & Awalina, R. (2021). Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Sampah Organik Menjadi Eco-Enzyme. WARTA PENGABDIAN ANDALAS, 28(2), 84–90.
Published
2023-11-27
Abstract viewed = 23 times
PDF downloaded = 41 times