Integrasi Teknologi Dalam Kegiatan Evaluasi Pembelajaran Dengan Menggunakan Google Form

  • Refika Andriani Universitas Lancang Kuning
  • Fana Wiza Universitas Lancang Kuning
  • Reswita Universitas Lancang Kuning
  • Mar’atul Afidah Universitas Lancang Kuning
Keywords: Google form, online evaluation, hybrid learning

Abstract

Evaluasi online dapat dilakukan dalam pembelajaran dengan tujuan untuk menghemat waktu dan biaya. Hal ini dikarenakan evaluasi online dilaksanakan secara paperless. Madrasah Aliyah Darul Muqomah Rumbai Pekanbaru sebagai mitra dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki masalah terkait dengan pengintegrasian teknologi dalam penyelenggaraan evaluasi. Sebagian besar guru di sekolah mitra ini kurang termotivasi dalam menggunakan dan mengembangkan model evaluasi online yang praktis, efektif dan efisien. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tim pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat memberikan pelatihan bagi guru-guru di sekolah mitra untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam menggunakan google form untuk melakukan evaluasi pembelajaran. Program ini telah dilaksanakan pada tanggal 1 September 2023 dengan peserta sebanyak 13 orang. Program ini berjalan dalam dua sesi. Pertama, guru diberikan wawasan dan motivasi terkait dengan penggunaan evaluasi online dalam proses pembelajaran. Selanjutnya, tim pelaksana kegiatan memberikan simulasi pada guru dengan membuat soal tes atau evaluasi online memanfaatkan google form. Berdasarkan hasil analisis data dari pretes dan postes dapat diketahui bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para guru. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan pada pengetahuan dan kompetensi guru dalam membuat tes online menggunakan google form. Adapun luaran dari program ini adalah artikel ilmiah yang diterbitkan pada media massa online dan prosiding nasional.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R., & Kasriyati, D. (2020, April). Android Apps in EFL Classroom Environment: Improving Students’ Learning Outcomes in Translation. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 469, No. 1, p. 012060). IOP Publishing.
Andriani, R., Syaifullah, S., & Kasriyati, D. (2021). Online Learning in Pandemic Covid-19. ELT-Lectura, 8(2), 148-156.
Conny, Semiawan. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Anak Dini. Jakarta: PT. Prehallindo.
Ferismayanti. 2020. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. Retrieved from: https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/
Hamalik, Oemar. 2004. Kemampuan Belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Novianti, N. R. (2011). Kontribusi pengelolaan laboratorium dan motivasi belajar siswa terhadap efektivitas proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan MIPA. Edisi khusus, 1, 158-166.
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6 (2).
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2).
Published
2023-11-30
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 19 times