Pembinaan Keselamatan Berlalu Lintas Di SMA Negeri 2 Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau

  • Benny Hamdi Rhoma Universitas Riau
  • Rizky Ridho Prakasa Universiitas Riau
  • Elianora Universitas Riau
Keywords: Kecelakaan lalu lintas, Keselamatan Lalu Lintas, Transportasi

Abstract

SMAN 2 Kampar berlokasi pada wilayah yang relatif padat penduduk dan berada di jalan lintas. Sekolah ini memiliki siswa yang secara umum telah memasuki usia memperoleh izin berkendara sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain itu usia ini juga tergolong usia dengan tingkat emosional yang perlu dikontrol dengan baik agar dapat memberikan keselamatan kepada diri sendiri maupun kepada orang lain di jalan raya. Upaya peningkatan edukasi ini harus terus dilakukan khususnya pada usia dini. Agar sejak usia dini perilaku selamat berlalu lintas dapat menjadi kebiasan (habit) yang terus dapat digunakan oleh siswa dalam berlalu lintas dalam kehidupan masyarakat secara umum. Penyuluhan diperlukan selain untuk meningkatkan pemahaman juga agar siswa dapat menjadi motor bagi kampanye keselamatan berlalu lintas dengan cara memberikan pengatahuan kepada keluarga dan masyarakat terdekat. Adapun materi penyuluhan meliputi dasar-dasar keilmuan transportasi, peraturan-peraturan berlalu lintas yang berlaku, serta etika dalam berkendara, selain itu juga siswa diberikan pemahaman tentang bagaimana menyikapi kejadian kegawatan dalam berlalu lintas. Sasaran kegiatan diukur melalui pengukuran awal dan akhir. Pengukuran awal (pre-test) digunakan untuk mengetahui bagaimana pemahaman eksisting siswa mengenai keselamatan berlalu lintas. Pengukuran akhir (post-test) dilakukan guna mengetahui bagaimana peningkatan ketercapaian penyuluhan yang diperoleh oleh siswa melalui skor. Hasil pengukuran memperlihatkan terdapat peningkatan pemahaman yaitu dari 5,14 menjadi 8,62 (skala 10) yang mengindikasikan bahwa materi terserap dengan baik dan siswa memiliki pemahaman yang meningkat dari sebelumnya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arman, U. D., Sari, A., Sari, K. P., & Arsyad, N. (2022, March). Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas Kendaraan Bermotor Roda Dua Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Gates Nan Xx Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Prosiding Seminar Nasional Adpi Mengabdi Untuk Negeri (Vol. 4, No. 1, pp. 78-85).
Desril, R., Elviandri, E., Aksar, A., Raihana, R., Sommaliagustina, D., & Lestari, T. W. (2018). Penyuluhan Hukum Keselamatan Lalu Lintas: Strategi Mewujudkan Budaya Patuh Hukum Lalu Lintas. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 93-103.
Rhoma, B. H. (2019). Kampanye keselamatan lalu lintas Pada daerah rawan kecelakaan. In SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, pp. 35-37)
Republik Indonesia, 2009. Undang-Undang No.22 tahun 2009, Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Wijaya, S. H. B., Anshori, M., Tiyanto, D., Sulihyantoro, A. B., Candra, D. T., Primasari, I., ... & Alkhajar, E. N. S. (2020). Penyuluhan Tertib Berlalu Lintas Pada Kalangan Remaja Oleh Satlantas Polres Klaten. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 8-15.
Published
2024-01-04
Abstract viewed = 1 times
pdf downloaded = 2 times