Desain Mesin Spinner Produksi Makanan Ringan Kapasitas 2 liter/menit Untuk UNK-Pekanbaru

  • Abdul Khair Junaidi Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru
  • Weriono ekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru
  • Rinaldi Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru
  • Syafril Syafhar Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru
  • Adi Isra Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru
  • Bayyu Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru
  • M Nasir Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru
Keywords: Makanan, Produksi, Kualitas

Abstract

Makanan ringan merupakan camilan dari berbagai macam produk pertanian yang berupa irisan tipis yang sangat populer di kalangan masyarakat karena sifatnya yang renyah, gurih, tidak terlalu mengenyangkan dan tersedia dalam aneka rasa seperti asin, pedas dan manis. Keripik sangat praktis karena kering, sehingga lebih awet dan mudah disajikan kapan pun. Pada saat ini banyak industri rumah tangga yang berproduksi pada pengolahan pangan Namun masih banyak industri rumah tangga yang belum mengerti mengenai pengendalian mutu produk pangan dan cara produksi pangan yang baik. Oleh karena itu, pemakaina mesin spinner dalam pengolahan untuk makan keripik dan camilan menjadi solusi untuk menungkatkan kualitas akhir produk makanan yang di artikan mesin untuk meniriskan minyak atau disebut juga mesin pemeras minyak. Berdasarkan studi yang telah dilakukan, maka spesifikasi mesin spinning untuk kebutuhan dapur rumah tangga yang diusulkan dinyatakan valid atau sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan tingkat signifikansi 5%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Egi Syahyudi (2018). Manajemen Pemerintah Kota Pekanbaru Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Pekanbaru. JOM FISIP Vol. 5 No. 1.
Wasisto, Sugeng, Ign Luddy Indra Purnama, and Paulus Wisnu Anggoro. (2016), “PERANCANGAN MESIN PENIRIS UNTUK ANEKA MAKANAN RINGAN HASIL GORENGAN,”. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank (SENDI_U) KE-2 Tahun 2016 Kajian Multi Disiplin Ilmu dalam Pengembangan IPTEKS untuk Mewujudkan Pembangunan Nasional Semesta Berencan (PNSB) sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Global.
Rusdi, Nur. 2010. "Ancang Bangun Mesin Peniris Bawang Goreng Untuk Meningkatkan Produksi Bawang Goreng Pada Industri Rumah Tangga" dalam SINERGI No 2 (Hal 1-2). Ujung Pandang: SINERGI.
Sugandi, Wahyu. 2018. " Analisis Teknik Dan Uji Kinerja Mesin Peniris Minyak (Spinner)." dalam Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem Vol. 6 No. 1 (Hal. 18-19). Bandung: UNPAD.
Nalendro, Noer Aden Bahry, and Anis Siti Nurrohkayati. (202). “Perancangan Mesin Spinner Peniris Minyak Untuk Olahan Keripik Dengan Menggunakan Software Dassault Systemes Soliwork,” Prosiding Seminar Nasional UNIMUS Vol.3.
Praseptiangga, Danar, Dyah Eti Maheswari, and Nur Her Riyadi Parnanto. “PENGARUH APLIKASI EDIBLE COATING HIDROKSI PROPIL METIL SELULOSA DAN METIL SELULOSA TERHADAP PENURUNAN SERAPAN MINYAK DAN KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA KERIPIK SINGKONG.” Jurnal Teknologi Hasil Pertanian 13, no. 2 (August 20, 2020): 79. https://doi.org/10.20961/jthp.v13i2.42275.
Published
2024-01-04
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 2 times