Active Learning : Peningkatan Kompetensi Pedagogis Pengajaran Kitab Kuning Guru Pesantren Darussalam Rohul Riau

  • Aprijon Efendi UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Promadi UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Kitab Kuning, Active Learning, Debriefing, Pembelajaran

Abstract

Permasalahan yang dibahas pada artikel ini adalah peningkatan kompetensi pedagogis guru Pondok Pesantren Darussalam Rokan Hulu Riau dalam mengajarakan kitab Kuning menggunakan metode Active Learning. Tujuan khusus tulisan ini ingin menjelaskan bahwa metode Active Learning sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar. Selama ini guru mengajarkan kitab Kuning menggunakan metode klasik seperti metode Qawa’id wa Tarjamah (Grammar Translation Method) dan metode ceramah yang menyebabkan para santri pasif dalam belajar. Solusi lemahnya kemampuan guru mengajar, peneliti menggunakan dua cara yaitu memberikan pelatihan dan pendampingan penerapan metode active learning. Rancangan Evaluasi alat ukur yang digunakan adalah Debriefing yaitu proses membimbing suatu refleksi pengalaman, bisa juga diartikan sebagai suatu proses pemaknaan pengalaman. Untuk meningkatkan kompetensi pedagogis guru dilatih dan didampingi menggunakan berbagai strategi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Setelah mengikuti pelatihan dan pendampingan guru memahami bahwa ada banyak strategi untuk mengaktifkan siswa sejak awal pembelajaran. Untuk penyempurnaan bahasan, tulisan ini menyarankan perlunya suatu kajian lanjutan yang komprehensif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adib, A. (2021). Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 232–246.
Akbar, A., & Ismail, H. (2018). The Method of Learning of the Yellow Book at Daarun Nahdhah Thawalib Boarding School Bangkinang. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(1), 21–32. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/al-fikra/article/view/5139
Bermawy Munthe, Strategi Mengajar (Aktif, Kreatif dan Inovatif), Suka Press UIN Sunan Kalijaga 2014.
Bot, L., Gossiaux, P. B., Rauch, C. P., & Tabiou, S. (2005). ‘Learning by doing’: A teaching method for active learning in scientific graduate education. International Journal of Phytoremediation, 30(1), 105–119. https://doi.org/10.1080/03043790512331313868
Bruinessen, M. (1990). Kitab kuning; Books in Arabic script used in the Pesantren milieu; Comments on a new collection in the KITLV Library. Bijdragen Tot de Taal-, Land- En Volkenkunde / Journal of the Humanities and Social Sciences of Southeast Asia, 146(2), 226–269. https://doi.org/10.1163/22134379-90003218
Dalimunthe, R. A. (2020). Strategi Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren. In S. Nasution (Ed.), Setrategi Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren (1st ed.). Perdana Publising. http://repository.uinsu.ac.id/9168/1/STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PESANTREN - Repository UINSU.pdf
Hake, R. R. (2002). Assessment of Physics Teaching Methods. Proceedings of the UNESCO- ASPEN Workshop on Active Learning in Physics, 1–16. http://www.thevniversity.com/downloads/edu/hake-srilanka-assessb.pdf
Hanani, N. (2022). Manajemen Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 15(2), 1–25. https://doi.org/10.30762/realita.v15i2.505
Hermawan, A. (2018). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Cetakan ke). PT. Remaja Rosdakarya.
Mel Silberman, ACTIVE LEANING: 101 Strategies To teach Any Subject.


Purwanto, A. (2010). Pintar Membaca Arab Gundul dengan Metode HIKARI (Y. S. Hidayat (ed.); 1st ed.). Penerbit Mizania.
Rasyidin, A. (2017). Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Musthfawiyah, Mandailing
Natal. Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 1(1), 41–67.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and Methods in Language Teaching (third edition). In ELT Journal (Third, Vol. 71, Issue 1). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1093/elt/ccw083
Rizal, A. S. (2012). Pendidikan Nilai secara Active-Learning dalam Tradisi Pondok Pesantren. Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–12.
Saputro, A. D. (2015). Pembelajaran Aktif dalam Dunia Pesantren. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 70–79.
Silberman, M. (2005). 101 Ways to Make Training Active (2nd ed.). Pfeiffer.

Thoriqussu’ud, M. (2012). MODEL-MODEL PENGEMBANGAN. Jurnal At-Tajdid, Vol.
1(2), 225–239.

Yusuf, M., & Wekke, I. S. (2015). Active Learning on Teaching Arabic for Special Purpose in Indonesian Pesantren. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 137–141. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.245
Published
2024-01-09
Abstract viewed = 1 times
pdf downloaded = 0 times