Pemanfaatan Game Petualangan Sebagai Media Bantu Edukasi Tentang Melayu Riau di SDN 003 Pelintung

  • Ari Sellyana Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Tri Yuliati Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Tri Handayani Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Gellysa Urva Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Dwi Sri Indah Sari Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
Keywords: Game, Edukasi, Melayu, Android, Riau

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya siswa SDN 003 Pelintung Dumai dalam memperkenalkan Budaya Melayu Riau, khususnya tentang tempat bersejarah yang ada di Riau, makanan khas Riau, dan mempelajari Tulisan Arab melayu. Pengenalan tentang budaya melayu Riau ini kami terapkan melalui sebuah Game petualang berbasis android sebagai media bantu guru dalam menyampaikan ilmu ke siswa. Dimana didalam Game ini berisikan beberapa materi diantaranya : Memperkenalkan Kabupaten / kota yang ada di propinsi Riau yang berjumlah 10 kabupaten dan 2 kotamadya, Game pertama merupakan game puzzle. Dimana siswa diminta untuk menyusun potongan puzzle yang bergambar tempat-tempat bersejarah yang ada di Riau, Game kedua merupakan game berjalan untuk mengambil dan menentukan jenis-jenis makanan khas yang ada di Riau, Game ketiga merupakan soal objectif yang berisikan materi tentang penulisan arab melayu, Game yang dihasilkan adalah game flash menggunakan Software Unity  3D, Adobe Audition CS6 dan Adobe Illustrator. Siswa/i juga mendapatkan bimbingan dan arahan untuk menggunakan game edukasi berbasi android ini pada kegiatan tutorial dan praktek game “Budaya Melayu Riau”. setelah pelatihan, hasil yang didapatkan adalah 1) meningkatkan motivasi belajar siswa untuk mengetahui budaya melayu di Riau. 2) membuat siswa ingin bermain sambil belajar tentang pembelajaran tulisan arab melayu. 3) Memperkenalkan tempat bersejarah dan makanan khas melayu dari Riau serta 4) Merangsang syaraf belajar motorik anak dalam proses belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmal. (2015). KEBUDAYAAN MELAYU RIAU Abstrak. Jurnal RISALAH, 26(4), 159–165. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/risalah/article/view/1283
Fauzi, M. H., Hernawan, H., Rusmana, A., & Taofik, D. B. I. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 134–141. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.2068
Loneli Costaner. (2021). Pelatihan Keterampilan Membuat Informasi Berbasis Video Digital Pada Ikatan Remaja Masjid. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 843–849. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.7253
Muhammad Hafiz, & Tafsiruddin. (2022). Masyarakat Melayu Riau Berbudaya. Dakwatul Islam, 6(2), 89–96. https://doi.org/10.46781/dakwatulislam.v6i2.505
Murti, I. G. W. P., & Handayani, D. A. P. (2022). Game Edukasi Robot Petualang Nusantara: Meningkatkan Literasi Budaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 403–414. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49598
Nugraha, N. B., Sellyana, A., & Suhaidi, M. (2019). Pelatihan E-Learning Pada Guru Sma It Plus Bazma Brilliant. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(2), 127–132. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v2i2.334
Sellyana, A., yuliati, tri, handayani, tri, & Saputra, J. (2022). Pelatihan dan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa tentang perakitan komputer di sma pgri dumai. 3(2), 961–967.
Sunarti, S., Rahmawati, S., & Wardani, S. (2016). Pengembangan Game Petualangan “Si Bolang” Sebagai Media Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8365
Wicaksono, G. (2021). P Pengembangan Game Edukasi “Petualangan Alja” Untuk Melatih Conceptual Understanding Dan Procedural Fluency Siswa Smp Materi Aljabar. Satya Widya, 37(1), 43–53. https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i1.p43-53
Yulianti, A., & Ekohariadi, E. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Jurnal IT-EDU, 5(1), 527–533. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38272
yuliati, tri, handayani, tri, & Sellyana, A. (2022). PENERAPAN GAME EDUKASI SUMBER ENERGI. 3(2), 869–875.
Published
2024-01-07
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 4 times