Pembekalan dan pelatihan multimedia dalam rangka persiapan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) di SMKS Kosgoro 2 Payakumbuh

  • Dafwen Toresa Universitas Lancang Kuning
  • Keuamala Anggraini Universitas Lancang Kuning
  • Pandu Pratama Putra Universitas Lancang Kuning
Keywords: PKM. Pelatihan Multimedia, UKK, SMKS Kosgoro 2 Payakumbuh

Abstract

Dengan dikeluarkannya peraturan menteri pendidikan tentang standar penilaian pendidikan, untuk SMK harus dilakukan asesmen dalam bentuk Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). SMK Swasta (SMKS) Kosgoro 2 Payakumbuh adalah salah satu sekolah swasta yang memiliki jurusan Multimedia. Dengan keterbatasan peralatan komputer, guru dan siswa yang masuk menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah tersebut untuk mencapai target dari kemendikbud, oleh karena itu diperlukan dukungan dari pihak dunia usaha dan perguruan tinggi. Dalam rangka kebutuhan tersebut dilakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bidang multimedia. Kegiatan dilakukan dalam empat tahap yaitu pembukaan, sesi motivasi, pelatihan mulimedia dan pada akhir kegiatan dilakukan pengukuran hasil dari PKM tersebut. Kegiatan diikuti oleh 12 orang siswa multimedia yang menghasilkan produk grafis dan multimedia. Peserta antusias mengikuti PKM dengan hasil produk yang bagus dengan tingkat kepuasan peserta keseluruan 95%, untuk materi pelatihan 98%, pemateri 95% sedangkan untuk suasana yang dibangun pemateri dan penggunaan tools adalah 93% dan 94%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariadi, F., Kom, M., Prasetyo, A. B., Kom, M., Putri, A. T., Kom, M., Saputra, S., Kom, M., & Hernawati, S. P. (n.d.). KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CISCO PACKET TRACER SEBAGAI MEDIA SIMULASI PEMBUATAN JARINGAN DI SMK BINA PUTRA MANDIRI – PARUNG PANJANG KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universit. 26–30.
Heryanti, ai denti. (2022). Standar Penilaian Pendidikan Permendikbudristek No 21 tahun 2022. Standar Penilaian Pendidikan. https://www.gurusumedang.com/2022/06/standar-penilaian-pendidikan.html
Heryanto, a, Stiawan, D., Prasetyo, a P. P., & ... (2019). Workshop Teknik Keamanan Jaringan Internet Pada Siswa Sma/Smk Di Pangkal Pinang Tahun 2019. Annual Research …, 5(2), 43–49. http://seminar.ilkom.unsri.ac.id/index.php/ars/article/view/2160
Kemdikbudristek. (2023). POB UKK 2023. 1–23.
Loneli Costaner. (2021). Pelatihan Keterampilan Membuat Informasi Berbasis Video Digital Pada Ikatan Remaja Masjid. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 843–849. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.7253
Maulita, Y. (2018). PELATIHAN TEKNISI JARINGAN INTERNET UNTUK MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK (IbM). Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 1(2), 2014–2018. https://doi.org/10.31227/osf.io/fbazu
Permendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 79 Tahun 2015 Tentang Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 79 Tahun 2015 Tentang Data Pokok Pendidikan, (2015) Data Pokok Pendidikan.
Purba, A., & Defriyando, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi, 96–101.
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).
Taslim. (2021). Pengenalan & Pelatihan Microsoft Office Untuk Anak Panti Asuhan Pajar Imam Azzahra Pekanbaru. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 1(1), 50–55. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v1i1.5653
Toresa, D., Handayani, S., & Muzawi, R. (2023). Digitalisasi Pengelolaan Pustaka Sekolah. https://doi.org/10.33372/stn.v9i1.989
Toresa, D., Taslim, Susi Handayani, & Musfawati. (2022). Pelatihan Membuat Website Dan Jaringan Lan Komputer Bagi Siswa Sma Negeri 4 Tualang Kab. Siak. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(2), 37–42. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i2.9198
Published
2023-09-30
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 1 times