Upaya Peningkatan Strategi Pengembangan Usaha UMKM Sentra Susu Sapi Cipageran Cimahi Utara

  • Abdul Ahmad Hafidh Nurmansyah Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Ferikawita Magdalena Sembiring Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Faizal Fardhani Sigarlaki Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Frido Saritua Simatupang Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Khaerul Rizal Abdurahman Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Aam Rachmat Mulyana Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Eka Yulianti Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Esi Firiani Komara Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Dian Lestari Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Covid-19, Digital Marketing, Internet Marketing, Sentra Susu Sapi, Sistem Keuangan, UMKM

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan kepada UMKM Sentra Susu Sapi di Cipageran Cimahi Utara. Masalah yang dihadapi UMKM Sentra Susu Sapi di Cipageran adalah perkembangan usaha yang kurang signifikan. Hal ini tidak terlepas dari kondisi pandemic covid-19. Sehingga dalam hal penjualan, permintaan produk pada reseller dan konsumen langsung berkurang. Selain itu UMKM Sentra Susu Sapi Cipageran juga terkendala dengan pencatatan keuangan yang tidak dilakukan. Topik program pengabdian masyarakat ini adalah upaya dalam peningkatan strategi pengembangan usaha UMKM Sentra Susu Sapi Cipageran. Metode program pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan pada UMKM dengan berfokus pada masalah yang dihadapi. Produk UMKM yang ada pada sentra susu sapi Cipageran diantaranya adalah susu murni, yoghurt, kerupuk susu, permen susu, dan keju. Hal terpenting dari program ini adalah hasil dari program yang diselenggarakan yakni meningkatnya perkembangan usaha, perubahan manajemen usaha dalam hal pengelolaan keuangan yang dimana UMKM sudah terampil dalam mencatat keuangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achadiyah, B, N. 2019. Otomatisasi Pencatatan Akuntansi Pada UMKM. Jurnal Akuntansi Multiparadigma JAMAL Vol 10. No 1. 188-206 pp.

Aditya Wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia

Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Berman, R., & Katona, Z. (2012). The Role of Search Engine Optimization in Search Marketing. Marketing Science, 32 (4), 644-651.

Cristiani. L. C., Ikasara. P. N., & Nisa. F. K. (2021). Pengembangan Kemandirian Kelompok Difabel Melalui Pemanfaatan Pemasaran Digital di Kota Magelang. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, P-ISSN 2614-7424 | E-ISSN 2614-8927, Vol.5, No. 2 April 2021 Hal. 276-286

Febriyantoro, M.T., & Arisandi, A. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, Vol 1 No 2, Desember 2018, 62 – 76.

Kota Cimahi Dalam Angka. Cimahi Municipality in Figures 2021. https://cimahikota.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=MDI4NDI1MDUxN2U4YmEwNTY1YmM0OGUz&xzmn=aHR0cHM6Ly9jaW1haGlrb3RhLmJwcy5nby5pZC9wdWJsaWNhdGlvbi8yMDIxLzAyLzI2LzAyODQyNTA1MTdlOGJhMDU2NWJjNDhlMy9rb3RhLWNpbWFoaS1kYWxhbS1hbmdrYS0yMDIxLmh0bWw%3D&twoadfnoarfeauf=MjAyMS0wOC0yMiAxNTowNzowMw%3D%3D

Mokhtar, N. F. (2015). Internet Marketing Adoption by Small Business Enterprises in Malaysia. International Journal of Business and Social Science.

Muljanto, M.A. (2020). Pencatatan dan Pembukuan Via Aplikasi Akuntansi UMKM di Sidoarjo. Politeknik Keuangan Negara STAN, Jurnal Ilmiah Pangabdhi, ISSN: 2477-6289, Volume 6 No 1, April 2020.

Pradadani. T (2017). The Effect of Digital Marketing System to Increase Sales Volume of Home Industry Products. Jika Journal Volume 11 Number 2 February 2017

Profil daerah Kota Cimahi: Selayang pandang, sejarah, visi dan misi, arti lambang https://jabarprov.go.id/index.php/pages/id/1064

Soegoto, S., & Simbolon, T. (2018). Inbound Marketing as a Strategy in Digital Advertising. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. Retrieved from: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1757-899X/407/1/012183/pdf

Widiawati. A. M., Pratiwi. A. A., & Bimandra. G (2019). Pelatihan Digital Marketing Strategy Untuk Mencapai Kemandirian Masyarakat. DINAMISIA-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. P-ISSN 2614-7424 | E-ISSN 2614-8927, Vol. 3, No. 1 Juni2019, Hal. 147-157,

Yaro, Lami Musa (2015). An Overview of Branding and Packaging of a Company Product (A case Study of British American Tobacco Company Zario). IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). Vol.5, Issue 1, 2015: 35 – 49.

Published
2021-09-30
Abstract viewed = 267 times
PDF downloaded = 287 times