Peningkatan Kompetensi Menulis Bagi Pendidik

  • Harry Yulianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar
Keywords: Kompetensi, Menulis, Pendidik

Abstract

Menulis bagi seorang pendidik bukan lagi sebatas kewajiban, tetapi sudah menjadi salah satu kompetensi yang harus dimilikinya. Salah satu upaya tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan pelatihan menulis bagi pendidik.  Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya-jawab, serta diskusi. Pelaksanan  kegiatan dilakukan melalui daring dengan menggunakan media Zoom. Hasil kegiatan pelatihan secara umum mengindikasikan bahwa dengan membuka mindset dan merubah sikap mentalitas, maka dapat memotivasi seorang pendidik untuk meningkatkan kompetensinya dalam menulis.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elliott, Stephen, N. (2017). Educational Psychology: Effective Theaching, Effective Learning. USA: The Mc. Graw-Hill Companies, Inc.

Ningsih, I.H., Winarni, R., & Roemintoyo. (2019). Peran Guru Dalam Pembelajaran Menulis Permulaan Abad 21. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. 3(1), 38-43.

Permata, E., Denny, Y.R.M., Irwanto, & Fatkhurrokhman, M. (2021). Pelatihan Komputer Microsoft Office dan Media Pembelajaran Animasi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SDIT Al Muhajirin. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(2), 413-420.

Radjagukguk, D.L., Sriwartini, Y., & Salim, A. (2021). Pelatihan Tehnik Penulisan Majalah Dinding Pada Siswa SMA Bunda Kandung Jakarta Selatan. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(3), 788-799.

Setiawan, A. (2019). Peran Keterampilan Menulis Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Di Era Society 5.0. Prosiding SENASBASA: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra. 3(2), 1118-1121.

Sitompul, N.C., Rufi’i, Leksono, I.P., & Rejeki, H.W. (2021). Perancangan Blog Guru untuk Penyediaan Bahan Ajar di Era Pembelajaran Abad 21. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(2), 320-329.

Sodiq, I., Suryadi, A., & Ahmad, T.A. (2014). Program Guru Menulis: Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sejarah Dalam Penulisan Karya Ilmiah Di Kabupaten Semarang. Rekayasa. 12(1), 42-47.

Sunarti, S. (2010). Hubungan Penerapan Metode Ceramah, Diskusi dan Penugasan Dengan Hasil Pembelajaran Mata Pelajaran IPS/Sejarah Bagi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah IKIP Veteran Semarang. 72-80.

Yulianto, H. (2018). Peningkatan Partisipasi Riset Bagi Dosen. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1), 23-29.

Zahra, L., & Sugiyanto, B.A.W. (2021). Pelatihan Penulisan Kreatif pada Media Sosial di Kampung Seni Nitiprayan. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(3), 672-677.

Published
2021-09-30
Abstract viewed = 31 times
PDF downloaded = 22 times