Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah

  • Anggun Diyan Nurhasanah Universitas Bengkulu
  • Heni Nopianti Universitas Bengkulu
Keywords: Kampus Mengajar, Adaptasi Teknologi, Administrasi Sekolah

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 1 yang merupakan bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di  Sekolah Dasar di berbagai desa/kota. Program ini didasari atas belum sepenuhnya efektif pembelajaran daring yang dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut terlihat dari kurangnya siswa yang mendapat kesempatan mengasah kemampuan interpersonal dan kepemimpinan. Untuk tingkat sekolah, pembelajaran daring sangat terkendala dengan permasalahan logistik yang sangat mempengaruhi efektivitas proses pembelajaran, salah satunya di SDN 48 Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan pada pengabdian berupa pengajaran langsung, membantu adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah. Hasil akhir dari kegiatan ini berupa penanaman empati mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan masyarakat, mampu bekerja bersama lintas bidang ilmu, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, Adel Wiliah, Nia Rahmawati. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan dan Sains. 2(1), 35-48

Astini, Ni Komang Suni. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang. 11(2), 13-25

Hadiyati, Fatkhurahman, dan Bambang Suroto. (2017). Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik Di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah. DINAMISIA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1), 122-128

Imania, Kuntum An Nisa. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal PETIK. 5, 31-47

Kemendikbud. (2021). Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 1. Jakarta : Kemendikbud

Meldina, Tika. (2019). Implementasi Model Learning Start With A Question Strategi Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. 6(2). 211-219

Rigianti, Henry Aditia. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an. 7(2), 297-302

Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neil., (2020). World Health Organization Declares Global Emergency : A Review of The 2019 Novel Coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery

Suhartoyo, E., dkk. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M). 1(3), 161

Widiyono, Aan., Saidatul Irfana, dan Kholida Firdausia. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metode Diktatik Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 16(2), 102-107

Wulanjani, Arum Nisma., Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding Of Biology Education. 3(1), 26-31

Published
2021-09-30
Abstract viewed = 2149 times
PDF downloaded = 1559 times