Penyuluhan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Bagi Guru TK di Desa Pasar Kampar Kecamatan Kampar

  • Raihana Universitas Islam Riau
  • Alucyana Universitas Islam Riau
  • Ida Windi Wahyuni Universitas Islam Riau
Keywords: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran, Anak Usia Dini, Penyuluhan, Pelatihan

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi oleh dunia pendidikan saat ini adalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses kegiatan pembelajaran, anak kurang didorong untukĀ  mengembangkan kemampuan berfikir, kurang mempunyai daya tarik,, kurang dalam penggunaan media serta kurangnya pengadaan perencanaan pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat mengatasi masalah di atas adalah model pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan peran guru yang memahami pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Namun kenyataan dilapangan masih banyak guru yang belum mengerti dan memahami pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Pengabdian ini dilaksanakan di aula TK Aisyiah Desa Kampa, Kecamatan Kampar, dengan melibatkan empat TK dengan peserta adalah guru-guru TK berjumlah 11 orang. Adapun metode kegiatan yang dilakukan adalah dengan metode ceramah dan pelatihan. Ceramah yang dilakukan adalah penyampaian materi tentang konsep pembelajaran dengan pendekatan saintifik sedangkan pelatihannya adalah membuat RPP dengan pendekatan saintifik. Hasil dari kegiatan ini yaitu guru-guru merasa puas dan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru tentang pembelajaran dengan pendekatan saintifik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryanti., T. (2016). Pentingnya Pendididkan Anak Usiad Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Dinamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, (7) 1 50-58.

Daryanto. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Johaiyah., Siti & Nadlifah. (2015). Scientific Learning Skill Of Islamic School Teachers and Students In Indonesia. Journal od Research & Method in Education (IOSR-JRME)., (5) 3. 70-78.

Kuntarto. (2014). Kajian Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Calistung di SD. Jambi: Prodi PGSD, Universitas Jambi.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Pranadamedia Group.

Salim., Z. A. (2014). The Effect of Using Socio-Scientific Issues Approach in Teaching Environmental Issues on Improving the Students Ability of Making Appropriate Decisions Towards these Issues. Canadian Center of Science and Education., 50-62.

Sumyati. (2014). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Jogjakarta: Indie Book Corner.

Wiyani., N. A. (2014). Psikologi Perkembangan anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Yunita, H., Meilanie, S.M., & Fahrurrozi, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). 425-432.

Guntoro, G., Costaner, L., & Sutejo, S. (2017). PELATIHAN SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DWI SEJAHTERA PEKANBARU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39-45. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v1i1.411

Published
2021-09-30
Abstract viewed = 27 times
PDF downloaded = 18 times