PKM Maqashid Sharia Market Trader Business

  • Souvya Fithrie Universitas Lancang Kuning
  • Idel Waldelmi Universitas Lancang Kuning
Keywords: Maqashid Bisnis, Pedagang, Pengelola Pasar, Dewan Syariah Pasar

Abstract

Rendahnya pengetahuan antara Agama dan prilaku dari palaku usaha dalam menerapkan nilai –nilai yang terkandung dalam keagamaan, salah satunya nilai Maqashid bisnis syariah yang seharusnya menjadi tolak ukur dalam berbisnis. Adapun yang menjadi target yang di upayakan adalah terbangunnya komunikasi yang baik dengan pelaku usaha/bisnis/pedagang untuk berupaya menjaga nilai –nilai dari urgensi dari konsep maqashid bisnis yakni melindingi fikiran, harta, jiwa, fikiran dan keturunan serta merealisasikannya pada aktifitas sehari-harinya di pasar ketika bertransaksi dengan para pelanggan. Metode yang di gunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini laksanakan dalam bentuk tatap muka, ceramah, evaluasi dan bagaimana reaksi pedagang. Hasil pengabdian yag telah dilaksanakan didapat kesimpulan dari segi perubahan Pengetahuan bahwasannya maqashid bisnis syariah pedagang sudah memiliki pengetahuan akan maqashid bisnis, Namun yang menjadi cacatan penting dari hasil pengabdian yang telah dilaksanakan menemukan suatu kemunduran akan pengetahuan dari pedagang yakni pada point keturunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ALBAB, P. O. P. S. U. (2020). PKM Pasar Syariah Ulul Albab. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 5(2).

Aquino, A., Waldelmi, I., & Listihana, W. D. (2019). Strategi Penanggulangan Praktek Rentenir. Jurnal Daya Saing, 5(2), 113-121.

Dwika Lodia Putri, I. W. F. (2018). Analisis Transaksi Syariah Di Pasar Syariah (Perspektif Pelanggan) Kec. Siak Hulu Kampar Riau.

Maqasid, S., & Islam, P. S. (n.d.). Peran Maqasih Syariah dalam Kehidupan Oleh Sudirman Suparmin Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Muhamad Nafik H. R.) R. Moh. Qudsi Fauzy. (2015). Pengembangan Model Fungsi Sosial Bisnis Islam Berdasarkan Maqashid Syariah Pada Bank Syariah X. TPengembang, 16, 31–46.

Rama, A. (2013). Pembangunan Ekonomi Dalam Tinjauan Maqashid Syari’ah. Dialog, 36(August 2013), 31–46.

Wibowo, A. (n.d.). Maqoshid Asy Syariah : The Ultimate Objective of Syariah, 1–23.

Wita Dwika Listihana, Idel Waldelmi, A. A. (2019). Penyuluhan Permodalan Syariah Pada Pedagang Pasar Syariah Ulul Albab.

Waldelmi, I. (2017). Perilaku Konsumen Memilih Produk Perbankan Syariah Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 3(3), 234-244.

Waldelmi, I., Aquino, A., & Nofrizal, N. (2019). Analisis Permodalan Pedagang Pasar Syariah. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(1), 71-78.

Waldelmi, I., & Aquino, A. (2018). Analisis Penerapan Transaksi Jual Beli Syariah Di Pasar Syariah. INOVBIZ: Jurnal Inovasi Bisnis, 6(1), 1-7.

Published
2021-09-30
Abstract viewed = 75 times
PDF downloaded = 60 times