Deteksi Serangan Ddos Pada Jaringan Rt/Rw-Net Desa Ketanen Dengan Metode Intrusion Detection System (IDS) Menggunakan Snort

  • Zulhelmi Dwi Alfaeni Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Nuniek Fahriani Universitas Muhammadiyah Surabaya
Keywords: RT/RW-net, DDoS, IDS, Snort

Abstract

RT/RW net adalah jaringan swadaya masyarakat yang mencakup wilayah RT/RW dengan menggunakan media kabel atau Wireless 2.4 GHz dan Hotspot sebagai alat komunikasi rakyat. Karena banyaknya client dan minimnya pengawasan pada jaringan ini. maka diperlukan sebuah sistem untuk menjaga keamanan jaringan tersebut yaitu Intrusion Detection System(IDS) yang digunakan untuk mendeteksi aktifitas yang mencurigakan dalam sebuah sistem atau jaringan dan melakukan analisis serta mencari bukti dari percobaan penyusupan. Pada penelitian ini, subuah IP address client atau koban dilakukan penyerangan dengan menggunakan DDOS attack, sehingga untuk mengetahui atau mendeteksi adanya serangan tersebut dapat dideteksi oleh snort. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan aplikasi SNORT dapat mendeteksi serangan-serangan jaringan melalui icmp, nmap, dan ddos. Metode intrusion Detection System adalah metode yang bisa mengoptimalkan tingkat keamanan jaringan komputer melalui pendeteksian serangan sehingga administrator jaringan dapat melakukan Tindakan pencegahan lebih awal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.” Accessed: Jul. 20, 2023. [Online]. Available: https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang
[2] daon001, “Polri: Indonesia Tertinggi Kedua Kejahatan Siber di Dunia.”
[3] ari muach, “Apa Itu RT/RW-Net ,” kompasiana.com.
[4] Barany Fachri and Fadli Hamdi Harahap, “Simulasi Penggunaan Intrusion Detection System (IDS) Sebagai Keamanan Jaringan dan Komputer,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA , vol. 4, pp. 413–420, Apr. 2020.
[5] wikipedia, “Sistem deteksi intrusi,” https://id.wikipedia.org/wiki/.
[6] ensiklopedia dunia, “Sistem deteksi intrusi ,” https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Sistem_deteksi_intrusi.
[7] S. S. M. K. Ade Heryana, “Informan dan Pemilihan Informan pada Penelitian Kualitatif,” Prodi Kesehatan Masyarakat – Universitas Esa Unggul.
[8] Elsa Stephani and Fitri Nova, “Implementasi dan Analisa Keamanan Jaringan IDS (Intrusion Detection System) Menggunakan Suricata Pada Web Server,” jurnal ilmiah teknologi sistem informasi, vol. 1, pp. 67–74, Jun. 2020.
[9] M Jafar Noor Yudianto, “Jaringan Komputer Dan Pengertiannya,” Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com, p. 8, 2007.
[10] Winrou Wesley Purba and Rissal Efendi, “Perancangan dan analisis sistem keamanan jaringan komputer menggunakan SNORT ,” Jurnal Teknologi Informas, vol. 17, no. 2, pp. 143–158, Aug. 2020.
Published
2023-12-31
How to Cite
Dwi Alfaeni, Z., & Fahriani, N. (2023). Deteksi Serangan Ddos Pada Jaringan Rt/Rw-Net Desa Ketanen Dengan Metode Intrusion Detection System (IDS) Menggunakan Snort. SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, 2(1), 28-34. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/Semaster/article/view/18401
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 1 times