Media Informasi Menggunakan Animasi Dan 3 Dimensi Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality

  • Miftahul Madani Universitas Bumigora
  • Muhammad Tajuddin Universitas Bumigora
  • Bambang Krismono T Universitas Bumigora
  • Kartarina Universitas Bumigora
  • Mustakim Universitas Bumigora
Keywords: PAUD Ar-Rahman, Augmented Reality, Pola Hidup Sehat, Android

Abstract

Augmented Reality adalah objek virtual yang mampu menyampaikan informasi sehingga dapat membantu manusia dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari. Dari hasil observasi penelitian yang dilakukan di PAUD Ar – Rahmah  menunjukan bahwa kegiatan belajar mengajar khususnya pada saat materi pola hidup sehat masih menggunakan metode pada umumnya yaitu menggunakan papan tulis dan buku. Media yang digunakan sebagai pembalajaran memiliki informasi yang bersifat statis dan hanya menampilkan teks dan gambar saja yang belum memiliki informasi atau belum interaktif  dan informasi yang dimuat didalamnya belum mampu menampilkan informasi tambahan seperti informasi dalam bentuk objek 3 dimensi dan animasi sehingga peserta didik belum mampu mendapatkan gambaran informasi dalam bentuk objek 3 dimensi dan animasi bagaimana menjalankan pola hidup sehat. Metode penelitian yang digunakan untuk pengembangan sistem yang digunakan didalam penelitian ini yaitu metode Prototype dengan tahapan analisis kebutuhan, desain cepat, pembuatan prototype, evaluasi pengguna awal, perbaikan prototype dan implementasi dan pemeliharaan. hasil penelitian yang dilakukan berhasil di buat dan dapat dijalankan pada sistem operasi android minimal versi jelly bean versi 4.0. Pengujian media pembelajaran ini menggunakan teori usability dengan 5 kriteria yaitu kemudahan, efektivitas, sfisiensi, daya ingat dan error dengan skala penilaian menggunakan skala likert yang dilakukan pada PAUD Ar-Rahman yang mendapatkan hasil 78,08%, dimana guru – guru dan wali murid paham dengan media informasi pola hidup sehat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. E. Izzaty, B. Astuti, and N. Cholimah, Practical Augmented Reality. 1967.
[2] M. Madani, M. N. Fadli, P. D. Setiawan, and M. Haris, “Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Jenis-Jenis Ikan Berbasis Augmented Reality,” pp. 535–544.
[3] S. Gurusubramani, M. Sureshanand, J. Jeganamarnath, D. Sathishkumar, and A. Sheela, “Augmented Reality in Military Applications,” Int. J. Eng. Adv. Technol., vol. 9, no. 1S, pp. 51–54, 2019, doi: 10.35940/ijeat.a1010.1091s19.
[4] C. J. McCarthy and R. N. Uppot, “Advances in Virtual and Augmented Reality—Exploring the Role in Health-care Education,” J. Radiol. Nurs., vol. 38, no. 2, pp. 104–105, 2019, doi: 10.1016/j.jradnu.2019.01.008.
[5] F. Yasin et al., “Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Game Edukasi Bagi,” J. SIMETRIS, vol. 8, no. 1, pp. 91–98, 2017.
[6] D. Mourtzis, V. Samothrakis, V. Zogopoulos, and E. Vlachou, “Warehouse Design and Operation using Augmented Reality technology: A Papermaking Industry Case Study,” Procedia CIRP, vol. 79, no. March, pp. 574–579, 2019, doi: 10.1016/j.procir.2019.02.097.
[7] K. Rengganis and L. Kusdibyo, “Persepsi Penggunaan Fitur Augmented Reality pada Platform Online Shopping Berbasis Technology Acceptance Model,” Pros. 11th Ind. Res. Work. Natl. Semin., pp. 26–27, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.polban.ac.id/proceeding/article/view/2157.
[8] N. Norouzi, K. Kim, G. Bruder, J. N. Bailenson, P. Wisniewski, and G. F. Welch, “The advantages of virtual dogs over virtual people: Using augmented reality to provide social support in stressful situations,” Int. J. Hum. Comput. Stud., vol. 165, p. 102838, 2022, doi: 10.1016/j.ijhcs.2022.102838.
[9] Z. He, L. Wu, and X. (Robert) Li, “When art meets tech: The role of augmented reality in enhancing museum experiences and purchase intentions,” Tour. Manag., vol. 68, pp. 127–139, 2018, doi: 10.1016/j.tourman.2018.03.003.
[10] N. N. Stone et al., “Remote surgical education using synthetic models combined with an augmented reality headset,” Surg. Open Sci., vol. 10, pp. 27–33, 2022, doi: 10.1016/j.sopen.2022.06.004.
[11] C. L. Chiu, H. C. Ho, T. Yu, Y. Liu, and Y. Mo, “Exploring information technology success of Augmented Reality Retail Applications in retail food chain,” J. Retail. Consum. Serv., vol. 61, no. March, p. 102561, 2021, doi: 10.1016/j.jretconser.2021.102561.
[12] S. Vasilis, N. Nikos, and A. Kosmas, “An Augmented Reality Framework for Visualization of Internet of Things Data for Process Supervision in Factory Shop-Floor,” Procedia CIRP, vol. 107, no. March, pp. 1162–1167, 2022, doi: 10.1016/j.procir.2022.05.125.
[13] A. Sucipto, R. H. Kusumodestoni, A. K. Zyen, and M. Husen, “Penerapan Media informasi Mobile Information Karimun Island Menggunakan Ionic Framework,” JTET (Jurnal Tek. Elektro Ter., vol. 7, no. 1, pp. 1–30, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.polines.ac.id/index.php/jtet/article/view/1122%0Ahttp://files/153/Sucipto et al_2018_Penerapan Media informasi Mobile Information Karimun Island Menggunakan Ionic Framework.pdf%0Ahttp://files/151/1122.html.
[14] T. L. Huang, “Restorative experiences and online tourists’ willingness to pay a price premium in an augmented reality environment,” J. Retail. Consum. Serv., vol. 58, no. August 2020, p. 102256, 2021, doi: 10.1016/j.jretconser.2020.102256.
[15] Muhammad Alfiansyah, “Perancangan Augmented Reality Pengenalan Hewan Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.,” Repos. Univ. Esa Unggul, vol. 6, p. 14, 2018, [Online]. Available: https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Undergraduate-12193-jurnal.Image.Marked.pdf.
[16] H. Al Fatta, Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Penerbit ANDI, 2007.
Published
2024-01-07
How to Cite
Miftahul Madani, Muhammad Tajuddin, Bambang Krismono T, Kartarina, & Mustakim. (2024). Media Informasi Menggunakan Animasi Dan 3 Dimensi Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, 2(1), 42-53. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/Semaster/article/view/18456
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 0 times