Analisis Kualitas Layanan Internet Wlan pada Salah Satu Perusahaan yang Bergerak di bidang ISP dengan Menghitung Delay, Throughput dan Packet Loss untuk Mengidentifikasi Penyebab Hambatan Internet Bedasarkan QOS

  • Inria Isby Istiqlalia Universitas Muhammdiyah Surabaya
  • Nuniek Fahriani Universitas Muhammdiyah Surabaya
  • Ashr Hafiiz Tantri Universitas Muhammdiyah Surabaya

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet, telah memberikan kontribusi signifikan bagi masyarakat dan pemerintah. Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang isp, menyediakan layanan internet, telepon, dan televisi dengan cakupan nasional dan teknologi kabel serta nirkabel. Penggunaan jaringan nirkabel memiliki manfaat tersendiri, termasuk komunikasi jarak jauh dan pengendalian perangkat. Namun, penerapan jaringan wireless harus mematuhi Quality of Service (QoS) untuk mengevaluasi kualitasnya. Penelitian ini menggunakan metode Action Research (AR) dengan pengukuran Throughput, paket loss, dan Delay menggunakan Wireshark. Hasil pengukuran QoS Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang isp sesuai standar Tiphon menunjukkan kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk masing masing pengujian bahwasannya untuk Packet Loss titik terbaik pada titik 1 dengan nilai 3% dan titik terburuk di titik 4 dengan nilai 16% , untuk Delay yang terbaik berada di titik 1 dengan nilai 6ms dan titik terburuk pada titik 4 dengan nilai 50ms, sedangkan untuk Throughput titik terbaik pada titik 1 dengan nilai 80% dan titik terburuk pada titik 4 dengan nilai 40% ini menunjukkan bahwa layanan Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang isp di rumah masuk dalam kategori bagus berdasarkan standar TIPHON. Penelitian ini dapat membantu meningkatkan kualitas layanan internet mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] I. Supit dan A. Rahimi, “Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting Analisis Kualitas Jaringan Internet di Perpustakaan UINSU sebagai Sumber Informasi bagi Pengguna,” Journal of Communication and Islamic Broadcasting, vol. Volume 3 Nomor 4, hlm. 813–820, 2023, doi: 10.47476/dawatuna.v3i4.2814.
[2] M. Purwahid dan J. Triloka, “Analisis Quality of Service (QOS) Jaringan Internet Untuk Mendukung Rencana Strategis Infrastruktur Jaringan Komputer Di SMK N I Sukadana,” 2019.
[3] E. I. Alwi, “Analisis Kualitas Sinyal Wifi Pada Universitas Muslim Indonesia,” 2019.
[4] I. Permata Sari, “Evaluasi Kualitas Jaringan Internet Pemerintah Daerah Kota Padang Panjang Menggunakan Metode Quality of Service,” Jurnal Sistim Informasi dan Teknologi, vol. 5, no. 1, hlm. 25–29, Feb 2022, doi: 10.37034/jsisfotek.v4i1.116.
[5] E. Setiawan, L. Pagiling, dan M. Nadzirin Anshari Nur, “Analisis Kualitas Jaringan Internet Provider Telekomunikasi Dengan Menggunakan Parameter Quality of Service (QoS) Di Kota Kendari,” Jurnal Fokus Elektroda : Energi Listrik, Telekomunikasi, Komputer, Elektronika dan Kendali, vol. 7, no. 1, hlm. 55–60, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://ojs.uho.ac.id/index.php/JFE/article/view/6271
[6] P. Restu Utami, “Analisis Perbandingan Quality Of Service Jaringan Internet Berbasis Wireless Pada Layanan Internet Serive Provider (ISP) Indihome dan First Media,” Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, vol. 25, no. 2, hlm. 125–137, 2020, doi: 10.35760/tr.2020.v25i2.2723.
[7] K. Winarso, Moh. Jufriyanto, dan H. Yahya, “Analisis Kualitas Pelayanan Internet Indihome Pada PT. X Dengan Pendekatan Part Least Square,” Jurnal Matrik, vol. XX, no. 1, hlm. 77–87, 2019, doi: 10.350587/Matrik.
[8] M. Hasbi dan N. R. Saputra, “ANALISIS QUALITY OF SERVICE (QOS) JARINGAN INTERNET KANTOR PUSAT KING BUKOPIN DENGAN MENGGUNAKAN WIRESHARK,” 2021. [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index
[9] W. Yulia Pusvita dan Y. Huda, “Analisis Kualitas Layanan Jaringan Internet Wifi.Id Menggunakan Parameter QOS (Quality Of Service),” Voteknika : Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, vol. 7, no. 1, hlm. 54–60, 2019, doi: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i1.103643.
[10] I. Dwi Kuncoro, S. Arif Widodo, dan K. Widatama, “Analisis Kualitas QOS Pada Jaringan Wireless Universitas Muhammadiyah Purworejo European Telecommunications Standards Institude (ETSI),” Jurnal INTEK , vol. 5, no. 1, hlm. 53–62, 2022, doi: https://doi.org/10.37729/intek.v5i1.1883.
[11] Misinem dan G. Praja Mukti, “Analisis Kualitas Jaringan Nirkabel Dengan Metode Quality Of Service (Studi Kasus : Bapeda Provinsi Sumatera Selatan),” Jurnal Bina Komputer JBK, vol. 3, no. 1, hlm. 1–7, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://journal.binadarma.ac.id/index.php/binakomputer/article/view/1220
[12] M. Ryan Kamil, F. Arzalega, Rosalinda, dan A. Sani, “Analisis Kualitas Layanan Jaringan Internet Wifi PT.XYZ dengan Metode QoS (Quality of Service),” JBPI : Jurnal Bidang Penelitian Informatika, vol. 1, no. 2, hlm. 77–88, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.kreatifcemerlang.id/index.php/jbpi/article/view/107
Published
2023-12-31
How to Cite
Inria Isby Istiqlalia, Nuniek Fahriani, & Ashr Hafiiz Tantri. (2023). Analisis Kualitas Layanan Internet Wlan pada Salah Satu Perusahaan yang Bergerak di bidang ISP dengan Menghitung Delay, Throughput dan Packet Loss untuk Mengidentifikasi Penyebab Hambatan Internet Bedasarkan QOS. SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, 2(1), 191-199. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/Semaster/article/view/18522
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 2 times