Rancang Bangun Game Edukasi “Tebak Kata” Bahasa Arab Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.31849/fzhe5710Keywords:
Bahasa Arab, android, UCD, UATAbstract
Bahasa Arab merupakan bahasa yang dinamik, bahasa yang kaya akan kaidah, struktur, dan kosakata. Selain itu bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tertua di dunia dan memiliki beberapa keutamaan yakni bahasanya Al-Qur‟an, bahasanya penghuni surga, bahasanya para nabi, dan beberapa keutamaan lainnya. Dalam metode pembelajaran bahasa arab ada beberapa kendala yang dialami setiap masalah linguistic yang mencakup pelafalan, kosakata, serta tulisan, selain itu, non linguistik juga menjadi masalah yang timbul dalam pembelajaran bahasa arab. Keterbatasan dari pengajar dalam menyampaikan materi serta kurangnya media pendukung untuk mendorong proses belajar mengajar. Hal-hal tersebut menyebabkan terjadinya kebosanan dan kurang maksimalnya siswa dalam menyerap materi karena sebagian besar proses pengajaran masih menggunakan metode konvensional. Tujuan penelitian ini untuk memudahkan siswa-siswi dalam belajar bahasa arab. Aplikasi game tebak kata bahasa arab dibangun dengan bantuan User Center Design (UCD) sehingga memiliki nilai usability yang tinggi. Aplikasi game tebak kata bahasa arab diuji menggunakan black box testing serta dilakukan User Accaptance Test (UAT).
References
[1]
Suhaldi, A., “Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Arruz Untuk Penguasaan Nahwu Di Jurusan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”, Jurnal Jurusan PBA (EL-TSAQAFAH), vol. 19, no. 1, pp. 38-55, 2020.
[2] Sakdiah, N., Et Al., “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab”, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, vol. 1, no. 1, pp. 34-41, 2023.
[3] Jamil, H., Agung, N., “Tantangan Belajar Bahasa Arab Di Era Society 5.0: Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Interaktif”, Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, vol. 3, no. 1, pp. 38-51, January 2022
[4] Ramadhan, T. Et Al., “Media Pengenalan Aksara Sunda Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android (Studi Kasus SMKN 1 Rancabali)”, Jurnal NARATIF (Jurnal Ilmiah Nasional Riset Aplikasi dan Teknik Informatika), vol. 2, no. 2, pp 50-56, 2020.
[5] Takdir, “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab”, Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, vol. 2, no. 1, pp. 40-58, 2020.
[6] Tampubolon, A.B, “Penerapan UCD (User Centered Design) Pada Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset TI Berbasis Web Di Bid TIK Kepolisian Daerah Kepulauan Riau”, vol. 4, no. 1, pp. 74–83, 2020.
[7] Hartono, R. Ramadhan TI., “Implementasi Metode User Centered Design (UCD) Framework Kanban Dalam Membangun Desain Interaksi”, Jurnal Algoritma, vol. 20, no. 2, pp. 823-831, 2022.
[8] Ayumida, S. Et Al., “ Aplikasi Propas (Program Pengarsipan Surat) Pada Kantor Desa Cihambulu-Subang”, Jurnal Interkom (Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi
ICCS x, No. x, July 201x : first_page – end_page Prosiding-Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer (SEMASTER)
Vol 4.No.1 2025 Hal 101-111
n111
Informasi Dan Komunikasi), vol.14, pp. 4–11, Data Mining: Teknik Pemanfaatan Data Untuk Keperluan Bissnis, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2021.
[9] Sumiati, M. Et Al., “Pemodelan UML Untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta”, Jurnal FASILKOM, vol. 11, no. 2, pp. 79-86, 2021.
[10] Wintana, D. Et Al., “Analisis Perbandingan Efektifitas White-Box Testing dan BlackBox Testing, Jurnal LARIK (Ladang Artikel Ilmu Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 8-16, 2022.
[11] Wahyudi, I. Et Al., “Analisis Black-Box Testing Dan User Acceptence Testing Terhadap Sistem Informasi Solusimedsosku”, Jurnal Teknosains Kodepena, vol. 4, no. 1, pp. 1-9, Agustus 2023.
