RE-DESIGN BISNIS RUMAH MAKAN DENGAN MEMPERTIMBANGKAN ASPEK ADDED VALUE DI MASA PANDEMI

  • Dene Herwanto Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Laila Zohrah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ade Andhika Saputra Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hamdani Hamdani Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: bisnis rumah maka, added value, re-design

Abstract

Rumah makan atau restoran merupakan salah satu bisnis yang memiliki prospek tinggi mengingat makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Bisnis rumah makan atau restoran di Kabupaten Karawang, Jawa Barat saat ini berkembang pesat serta menimbulkan persaingan ketat. Para pelaku bisnis rumah makan atau restoran dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen. Selain dari segi kualitas dan citarasa makanan, desain ruangan rumah makan atau restoran juga perlu diperhatikan. Namun, pada praktiknya, rumah makan atau restoran lebih sering terfokus pada nilai komersil yang dihasilkan, serta kurang memperhatikan aspek desain ruangannya. Penelitian ini ditujukan untuk menghasilkan rancangan rumah makan dengan mengangkat konsep added value dalam desain ruangan interiornya sehingga rumah makan memiliki ciri khas atau karakter yang dapat memberikan pengalaman tersendiri pada pelanggan. Meskipun dari nilai ekonomisnya, dengan mempertimbangkan aspek added value ini akan terasa mahal pada awal pembangunan rumah makan karena adanya material-material khusus, tetapi akan berdampak pada bertambahnya konsumen yang datang setiap harinya. Hasil akhir dari penelitian ini berupa re-design rumah makan yang sudah mempertimbangkan konsep added value dalam desain interiornya.

Kata Kunci: bisnis rumah makan, added value, re-design.

 

Abstract

A restaurant is a high prospects business considering that food is one of the basic human needs. The restaurant business in Karawang Regency, West Java is currently growing rapidly and is creating intense competition. Restaurant business people are required to provide the best service for consumers. Apart from the quality and taste of food, the design of the restaurant also needs to be considered. However, in practice, restaurants are more often focused on the commercial value they produce, and they pay less attention to the design aspects of the room. This study aims to produce a restaurant design by raising the concept of added value in the interior design of the room so that the restaurant has a characteristic or character that can provide special experience to customers. Even though from the economic value, considering the added value aspect, it will feel expensive at the beginning of the restaurant construction because of the special materials, but it will have an impact on the increasing number of consumers who come every day. The final result of this research is a restaurant re-design that has considered the concept of added value in its interior design.

Keywords: restaurant business, added value, re-design

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] D. Crane, Food Preparation Spaces: Domestic Food Preparation, London: Architecture Design and Technology, 1995.
[2] J. Dartford, Dining Spaces, London: Architecture Design, 1995.
[3] M. Fry and J. Drew, Tropical Architecture in the Humid Zone, New York: Reinhold Publishing Corp., 1964
[4] F. L. Jeffrey, Climate and Architecture, New York: Reinhold Publishing Corp., 1995.
[5] G. Lippsmeller, Bangunan Tropis, Jakarta: Erlangga, 1994.
[6] Soekresno, Manajemen Food & Beverage Service Hotel, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1996.
[7] N. Fahdilah and M. R. Tanjung, "Perancangan Desain Interior Cafe Coffe dengan Tema Rustic Modern Street Art," Jurnal FSD, vol. I, no. 1, pp. 38-51, 2016.
[8] A. W. Izzati, Y. Maharani and D. Wiyancoko, "Relasi Desain dan Tata Letak Sarana Duduk terhadap Kenyamanan Pengunjung Kafe," Jurnal Desain Interior, vol. II, no. 1, pp. 55-62, 2017.
[9] E. Lim and L. Kristanto, "Pengaruh Cahaya pada Tata Letak Meja terhadap Kenyamanan Visual Pengunjung Restoran (Studi kasus: Domicile Kitchen and Lounge)," Jurnal e-Dimensi Arsitektur, vol. VII, no. 1, pp. 393-400, 2019.
[10] A. A. Putra, A. Santosa and P. F. Nilasari, "Kajian Perbandingan Kenyamanan Ruang Desain Interior Kafe yang Instagramable di Surabaya (Studi Kasus: Carpentier Kitchen dan Threelogy Coffee)," Jurnal Intra, vol. VII, no. 2, pp. 933-941, 2019.
[11] R. Arifianti, "Analisis Tata Letak dalam Perspektif Ritel," Jurnal AdBispreneur, vol. I, no. 3, pp. 251-258, 2016.
Published
2020-12-30
How to Cite
Herwanto, D., Zohrah, L., Andhika Saputra, A., & Hamdani, H. (2020). RE-DESIGN BISNIS RUMAH MAKAN DENGAN MEMPERTIMBANGKAN ASPEK ADDED VALUE DI MASA PANDEMI. SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, 1(1), 121-130. https://doi.org/10.31849/semaster.v1i1.6037
Abstract viewed = 423 times
PDF downloaded = 345 times