ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP LOYALITAS PASIEN DIMODERASI OLEH VARIABEL KEPUASAN PASIEN

  • Anne Putri Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim
  • Eka Ferhani Zain Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim
  • Yulihasri Yulihasri Universitas Andalas
  • Eka Hendrayani Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim
Keywords: kualitas pelayanan, sarana prasarana, kepuasan pasien, loyalitas

Abstract

Penelitian ini dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama yaitu di Densthetica Clinic Payakumbuh. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh Kualitas Pelayanan, Sarana dan Prasarana dan Kepuasan Pasien terhadap Loyalitas pasien di Densthetica Clinic Payakumbuh, untuk dapat menentukan kebijakan pelayanan yang tepat, khususnya dalam pelayanan kepada pasien. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah sebanyak 80 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa convenience sampling. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data merupakan teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan Structural Equation Modelling-Partial Least Squre (SEM PLS). Hasil penelitian didapatkan bahwa kualitas pelayanan, sarana prasarana dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien dan kepuasan pasien memperkuat hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pasien.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-31
Abstract viewed = 174 times
PDF downloaded = 135 times