ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP LOYALITAS PASIEN DIMODERASI OLEH VARIABEL KEPUASAN PASIEN
Abstract
Penelitian ini dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama yaitu di Densthetica Clinic Payakumbuh. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh Kualitas Pelayanan, Sarana dan Prasarana dan Kepuasan Pasien terhadap Loyalitas pasien di Densthetica Clinic Payakumbuh, untuk dapat menentukan kebijakan pelayanan yang tepat, khususnya dalam pelayanan kepada pasien. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah sebanyak 80 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa convenience sampling. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data merupakan teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan Structural Equation Modelling-Partial Least Squre (SEM PLS). Hasil penelitian didapatkan bahwa kualitas pelayanan, sarana prasarana dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien dan kepuasan pasien memperkuat hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pasien.