PERSEPSI GURU BAHASA INGGRIS TERHADAP PEMANFAATAN DAN TANTANGAN PENGGUNAAN TIK DI SMA SEDERAJAT DI PEKANBARU

  • Marwa Marwa Universitas Lancang Kuning
  • Refika Andriani Universitas Lancang Kuning
Keywords: TIK, pengajaran, guru bahasa inggris

Abstract

Penelitian survei ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi guru terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pengajaran, efektifitas penggunaan TIK dalam proses pembelajaran siswa dan tantangan pengintegrasian TIK dalam pengajaran dan pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini melibatkan guru Bahasa Inggris dari 30 sekolah menengah atas dan sederajat di kota Pekanbaru. Kuesioner/angket yang diadopsi dari Ghavifekr & Athirah (2015) digunakan dalam penelitian survei ini sebagai instrumen pengumpulan data. Data yang diperoleh dari angket dianalisis dengan menggunakan SPSS untuk mencari statistik deskriptif seperti Mean dan Standard Deviation (SD). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan atau tingkat persetujuan guru terhadap penggunaan TIK dan kendala pengintegrasiannya dalam pengajaran dan pembelajaran berada pada level persepsi “Menengah” atau “Moderate” dengan skor Mean 3,64 (SD 0,41). Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa guru harus mempunyai persepsi yang positif terlebih dahulu terhadap penggunaan TIK dalam pengajaran dan pembelajaran karena hal ini dapat memfasilitasi proses pengintegrasian TIK di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-31
Abstract viewed = 196 times
PDF downloaded = 186 times