ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KONSEP AKTIVA, KEWAJIBAN DAN MODAL
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti secara empiris mengenai perbedaan pemahaman mahasiswa yang berasal dari SMK Jurusan Akuntansi, SMA Jurusan IPS dan SMA Jurusan IPA dalam memahami dasar akuntansi. Pengetahuan dasar akuntansi yang dijadikan sebagai variabel dalam penelitian ini yaitu konsep aktiva, kewajiban, modal serta jurnal, buku besar dan neraca saldo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 79 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi S1 Universitas Lancang Kuning yang terdaftar sebagai mahasiswa semester 4, 6 dan 8 yang aktif untuk tahun akademik 2016/2017 dan telah menyelesaikan mata kuliah Pengantar Akuntansi 1 dan 2. Penelitian ini menggunakan uji data dua atau lebih sampel ( independen ) yang tidak berhubungan Kruskal Wallis untuk mengetahui perbedaan pengetahuan tentang aktiva, kewajiban, modal serta jurnal, buku besar dan neraca saldo. Hasil penelitian menunjukkan pada semua variabel yaitu aktiva, kewajiban, modal serta jurnal, buku besar dan neraca bahwa semua hipotesis ditolak karena semua variabel menunjukkan nilai Chi-Square hitung < Chi-Square tabel dan nilai signifikansi > 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan secara signifikan terhadap pemahaman dasar akuntansi antara mahasiswa yang berasal dari SMK Jurusan Akuntansi, SMA Jurusan IPS dan SMA Jurusan IPA.