Pelatihan Membaca Gambar Teknik bagi Siswa Jurusan Teknik Otomotif di SMKN 7 Pekanbaru
Abstract
Automotive engineering drawing is one of the basic subjects for students' skills and competencies in readiness for the world of work. The purpose of this service is to provide skills to students in applying technical drawing reading. The method used is direct training and good practice at SMK Negeri 7 Pekanbaru. The procedures carried out in this activity consist of several series of activities, starting from carrying out situational analysis activities in the form of field observations and interviews to making proposals and reports on community service activities. The next activity is still in the form of training. The training was carried out in one meeting and ran smoothly. The results of the service can be seen from the description of the participants' understanding of the application of reading technical drawings at SMK Negeri 7 Pekanbaru before and after being given training, in general it is in a fairly good category with an average of 53.78%. Whereas after the training was carried out, in general they were in the good category with an average of 79.4%. Based on these data it can be concluded that the participants' understanding of the application of reading technical drawings at SMK Negeri 7 Pekanbaru before and after being given training had increased.
Abstrak
Gambar teknik berperan penting dalam konstruksi berpikir dan keterampilan dasar siswa kejuruan otomotif. Dengan bekal keterampilan membaca gambar teknik otomotif yang mumpuni, mereka diharapkan lebih siap memasuki dunia kerja/ industri. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan keterampilan kepada siswa dalam mengaplikasikan membaca gambar teknik. Metode yang digunakan adalah pelatihan yang bersifat langsung dan praktik baik di SMK Negeri 7 Pekanbaru. Tahapan kegiatan yang dilakukan terdiri dari tahap analisis situasi (observasi lapangan dan wawancara), tahap persiapan kegiatan (proposal kegiatan), dan tahap pelaksanaan (pelatihan dan evaluasi). Pelatihan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan dan berjalan dengan lancar. Hasil pengabdian dilihat dari tingkat pemahaman peserta mengenai penerapan membaca gambar teknik Di SMK Negeri 7 Pekanbaru sebelum dan sesudah diberikan pelatihan. Dari hasil analisis, tim pengabdian menilai bahwa tingkat pemahaman siswa sebelum penyampaian materi berada pada kategori cukup, dengan angka persentase 53.78%. Peningkatan yang cukup signifikan pasca pelatihan (kategori baik) ditunjukkan dari angka persentase 79.4%. Oleh karena itu, secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat pemahaman siswa tentang penerapan membaca gambar teknik Di SMK Negeri 7 Pekanbaru sebelum dengan sesudah diberikan pelatihan mengalami peningkatan.
Downloads
References
Gambar Teknik Otomotif. (2021). Diakses dari https://www.google.co.id/books/edition/Gambar_Teknik_Otomotif/LJrnDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Fakhri, F., Body, R., & Apdeni, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Pada Mata Kuliah Gambar Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education). Vol 5, No. 4. https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102479
M. Y. Kunia, A. Suherman, and A. Ariyano, “Relevansi Materi Mata Kuliah Bodi Otomotif Dan Materi Mata Pelajaran Teknik Perbaikan Bodi Otomotif Dengan Materi Uji Kompetensi Standar Bsnp,” Journal of Mechanical Engineering Education. Vol. 2, No. 1, P. 76, 2015, https://doi.org/10.17509/jmee.v2i1.1156
Kusuma, Y. A., & A. Z. Muttaqin. (2019). Pengembangan Gambar Perspektif Melalui Pendekatan Gambar Teknik di SMAN XYZ Madiun,”. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.603
Wilantara, B., Nasrullah, H. Parikhin, & Handokom, F. (2021). Pelatihan Kompetensi Gambar Teknik Otomotif Siswa SMK Muhammadiyah Petanahan. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 60-65. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.479
Widyatama, A., & Budijono, A. P. (2018). Pengembangan Modul Ajar Menggambar Teknik Pokok Bahasan Proyeksi Dan Potongan Dilengkapi Media Peraga Lego Blok Berbantuan Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol 7 No 1. Hal 60-66. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/24909