Asistensi Mengajar Bahasa Inggris Sebagai Salah Satu Program Kampus Mengajar: Pengabdian di SD N 5 Jinengdalem

  • I Ketut Adisaptha Karunia Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Sukma Megaputri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
Keywords: Asistensi, Bahasa Inggris, Sekolah Dasar, Pengabdian

Abstract

Education for today's young generation must be based on technology and English. Many applications and technological advances use English as a world language. English language education that is obtained in elementary schools should be the spearhead of good language introduction to students. However, according to the 2013 curriculum, English which is a compulsory subject is included as a local content subject. Elementary school students who should already understand simple English vocabulary are not as expected. The purpose of this service is to provide English teaching assistance so that students have a large English vocabulary and good English grades and students have a high interest in learning a new language. The method of this service uses several stages including planning, implementation and evaluation stages. The target is all students in grades 4, 5 and 6 who have received English lessons. You do this by assisting the English teacher and joining the class to provide teaching materials that increase students' interest in learning while playing in English. The result of this service is that the average value of English before the service is 4.5 while after the service is done it is 6.8. This is a significant improvement. The conclusion is that assistance is one of the best ways to improve grades in elementary school English and students are increasingly interested in English.

Abstrak

Pendidikan untuk generasi muda saat ini harus berbasis pada teknologi dan Bahasa Inggris. Banyak aplikasi dan kemajuan teknologi menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa dunia. Pendidikan Bahasa Inggris yang didapatkan pada sekolah dasar seharusnya menjadi ujung tombak pengenalan Bahasa yang baik pada siswa. Namun kenyataannya sesuai kurikulum 2013 Bahasa Inggris yang menjadi mata pelajaran wajib malah dimasukkan sebagai mata pelajaran muatan lokal. Siswa sekolah dasar yang seharusnya sudah memahami kosakata sederhana Bahasa Inggris menjadi tidak sesuai dengan harapan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk melakukan asistensi mengajar Bahasa Inggris agar siswa memiliki kosakata Bahasa Inggris yang banyak dan nilai Bahasa Inggris menjadi baik serta siswa memiliki minat yang tinggi untuk belajar bahasa yang baru. Metode dari pengabdian ini menggunakan beberapa tahapan meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Sasarannya adalah seluruh siswa kelas 4, 5 dan 6 yang sudah mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris. Caranya dengan melakukan asistensi kepada guru Bahasa Inggris dan ikut masuk ke kelas untuk memberikan bahan ajar yang meningkatkan minat siswa untuk belajar sambil bermain dengan Bahasa Inggris. Hasil pengabdian ini bahwa rata-rata nilai Bahasa Inggris sebelum pengabdian yaitu 4,5 sedangkan setelah dilakukan pengabdian menjadi 6,8. Ini merupakan peningkatan yang signifikan. Simpulannya bahwa asistensi menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan nilai Bahasa Inggris sekolah dasar dan siswa semakin berminat terhadap Bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R. . (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Candra, K. D. P., Maharani, P. D., Subakthiasih, P., & Miarta, I. M. A. L. (2021). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Madaniya, 2(3), 302–312. https://doi.org/10.53696/27214834.95

Herlinawati, H., Marwa, M., & Syahdan, S. (2022). Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Berbasis Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Guru Madrasah Aliyah Darul Muqomah Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(12)

Mandasari, B., Aminatun, D., Pustika, R., Setiawansyah, S., Megawaty, D. A., Ahmad, I., & Alita, D. (2022). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa-Siswi Sma/Ma/Smk Di Desa Purworejo Lampung Tengah. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 332–338. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.4026

Putra, D. P., Ariningsih, N., Wahdah, N., Kunci, K., Kata, K., & Inggris, B. (2023). Bimbingan belajar Bahasa Inggris Sebagai Upaya peningkatan kosakata siswa di SDN 1 Kalampangan. 03(1), 107–112.

Santoso, B., Muzakki, M., & Fathurrahman, M. T. (2023). Pelaksanaan Kampus Mengajar di Daeah 3T : Program Asistensi Mengajar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, 6(1), 14–20.

Sujarwo, & Akhiruddin. (2020). Pendampingan Pembelajaran Ekstrakurikuler Bahasa Inggris Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Pada Sekolah Dasar Inpres Gowa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 4(2), 1–11.

Sukmawati, S. B. . (2019). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Animasi Pada Guru Dan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 15–19.

Syahdan, S., Herlinawati, H., & Syaifullah, S. (2022). English Teachers' Perception toward the Needs of Learning Materials Development for Virtual Classroom Activities. Edulanguage, 8(2).

Tanasale, I. O., Retraubun, A. S., & Mantulameten, W. E. (2023). Asistensi Mengajar “English for Fun”di Kecamatan Leihitu, Leihitu Barat dan Leitimur Selatan. PAKEM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(April), 35–41.

Published
2023-07-23
How to Cite
Karunia, I. K. A., & Megaputri, P. S. (2023). Asistensi Mengajar Bahasa Inggris Sebagai Salah Satu Program Kampus Mengajar: Pengabdian di SD N 5 Jinengdalem. ABDIMAS Lectura: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 91-100. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/abdimaslectura/article/view/14516
Abstract viewed = 79 times
pdf downloaded = 69 times