Pelatihan Dokter Kecil di SD Negeri 1 Ngedirejo Karanganyar

  • Raafika Studiviani Dwi Binuko Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Kebiasaan Hidup Bersih, Dokter Kecil, Mencuci Tangan

Abstract

Introduction to the medical profession and the importance of clean living behaviors from an early age are crucial foundations for shaping children's awareness of the significance of health and hygiene. Through interactive and educational approaches, children can comprehend the role of doctors in maintaining health and how clean living habits can prevent diseases.  This community service aims to provide an understanding of the criteria for being a "little doctor" and proper handwashing practices, which are essential aspects of health maintenance and disease prevention.  The methods employed in this community service involve direct delivery of material to students, through both verbal explanation and live demonstrations of proper handwashing practices. Additionally, students are given the opportunity to practice handwashing under supervision and receive feedback from the community service providers. This approach aims to ensure students' understanding and implementation of proper handwashing practices.  The results of this community service demonstrate that students effectively absorbed the material presented by the service providers. They gained an understanding of the criteria for being a "little doctor," such as excelling in school, being physically healthy, obtaining parental permission, having leadership qualities, maintaining cleanliness, displaying good manners, and being helpful. Overall, the training of "the little doctor" makes elementary school students, in grades 5 and 6, comprehended the significance of doctor's roles and clean living behaviors, as shown by their ability to do some practices.

 Abstrak

Pengabdian masyarakat yang dilakukan dalam bentuk pelatihan dokter kecil untuk siswa SD kelas 5 dan 6 memiliki beberapa alasan penting. Pertama, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang kriteria dokter kecil dan praktik mencuci tangan yang benar, yang merupakan aspek penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit. Kedua, siswa pada usia tersebut merupakan kelompok yang rentan terhadap penyakit dan belum sepenuhnya memahami pentingnya kebersihan dan praktik hidup sehat. Oleh karena itu, pelatihan ini dapat memberikan mereka pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan diri mereka sendiri dan orang lain di sekitar mereka.

Metode yang digunakan dalam pengabdian ini melibatkan penyampaian materi secara langsung kepada siswa, baik melalui paparan verbal maupun demonstrasi langsung tentang praktik mencuci tangan yang benar. Selain itu, siswa juga diberikan kesempatan untuk melakukan praktik langsung dalam mencuci tangan dengan pengawasan dan umpan balik dari pengabdi. Pendekatan ini bertujuan untuk memastikan pemahaman dan penerapan praktik mencuci tangan yang benar oleh siswa.

Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa siswa mampu menyimak materi yang disampaikan oleh pengabdi dengan baik. Mereka memperoleh pemahaman tentang kriteria dokter kecil, seperti berprestasi di sekolah, berbadan sehat, mendapatkan izin orang tua, memiliki watak pemimpin, berpenampilan bersih, berbudi pekerti, dan suka menolong

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliviameita, A., Purwanti, Y., & Wisaksono, A. (2019). Pelatihan Dokter Kecil Sebagai Upaya Mengembangkan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Dasar Kabupaten Sidoarjo. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 283–290. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.3260

Amareta, D. I., & Putra, D. S. H. (2016). Pendampingan Dokter Kecil di Sekolah Dasar Negeri Antirogo 04 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Dana BOPTN Tahun 2016, 315–318. https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/view/275

Nova, B. (2015). Pelatihan Dokter Kecil dalam Upaya Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa di SDN 2 Labuapi. Ganec Swara, 9(2), 1–5.

Oktavianisya, N., & Aliftitah, S. (2021). Pelatihan Dokter Cilik “Sadar PHBS” di SDN Ellak Laok IV, Kabupaten Sumenep. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 6(1), 79–86.

Sari, S.M, Syahdan, S., Wardah, W. (2022). Health Literacy and Attitudes Toward the Preventive Actions on Covid-19 Among Nursing Students. Malaysian Journal of Medicine and Health Sciences, 18(Supp 18), 38-41

Sugiarto, S., Berliana, N., Yenni, M., & Wuni, C. (2019). Peningkatan Pengetahuan Siswa tentang Cuci Tangan yang Baik dan Benar di SDN 37/I Kecamatan Bajubang. Jurnal Pengabdian Harapan Ibu (JPHI), 1(2), 59. https://doi.org/10.30644/jphi.v1i2.266

Syahdan, S. & Ali, F.A. (2022). A Call for the 1st century Learning: Embedding Character Education In The English Workheets. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 13(1), 46-53

Published
2023-07-25
How to Cite
Raafika Studiviani Dwi Binuko. (2023). Pelatihan Dokter Kecil di SD Negeri 1 Ngedirejo Karanganyar . ABDIMAS Lectura: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 164-173. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/abdimaslectura/article/view/14712
Abstract viewed = 49 times
pdf downloaded = 34 times