Peningkatan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Mempura Melalui Pelatihan Software Sketch-Up dan V-Ray

  • Repi Repi Lancang Kuning
  • Apriliana Hidayati Nurdin Universitas Lancang Kuning
  • Mutiara Yaumil Atika Lancang Kuning
Keywords: Model 3-D, Sketch-Up, Rendering

Abstract

This community service activity aims to introduce basic 3D applications that assist in carrying out architectural designs. The implementation of this service is to introduce, give examples, and guide Mempura 1 State Vocational School students to know and understand basic knowledge in using the Sketch-Up and V-Ray applications. The training was conducted in a computer laboratory belonging to SMK Negeri 1 Mempura, Siak Sri Indrapura Regency with participants being students of grades XI and XII and supervised by a SMK teacher. The methods used in this activity were 1) Pretest: in the form of a questionnaire given before the training activities (subject to material presentation followed by practice) 2) conducting material presentation and direct practice by the community service team followed by students 3) mentoring (service team consisting of lecturers and students) by helping students who have problems or stages that have not been understood during the training 4) Post-test: in the form of a questionnaire given after the training activities are over. Activities were carried out in two sessions which were divided into the first session conducting an introduction to the 2020 version of the Sketch-Up application to create a 3-D model of a simple house building and the second session using the V-Ray application version 5.0 to render the design results. The results of the activities obtained from initial discussions and training with students found that many participants did not know the uses and how to use the 3D Sketch-Up and V-Ray applications in carrying out architectural designs. After the training is carried out, students can understand the potential uses and how to apply these applications.

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan aplikasi 3D mendasar yang membantu dalam melakukan desain arsitektural. Pelaksanaan pengabdian ini ialah mengenalkan, memberikan contoh, dan membimbing siswa/i SMK negeri 1 Mempura hingga mengetahui dan memahami pengetahuan dasar dalam penggunaan aplikasi Sketch-Up dan V-Ray. Pelatihan dilakukan di laboratorium komputer milik SMK Negeri 1 Mempura, Kabupaten Siak Sri Indrapura dengan peserta adalah siswa/i kelas XI dan XII dan diawasi oleh guru SMK. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah 1) Pretest: berupa kuisioner yang diberikan sebelum kegiatan pelatihan (pemaparan materi diikut dengan praktek) 2) melakukan pemaparan materi dan praktek langsung oleh tim pengabdian yang diikuti oleh siswa 3) pendampingan (tim pengabdian yang terdiri dari dosen dan mahasiswa) dengan membantu siswa yang memiliki kendala atau tahapan yang belum dipahami saat pelatihan 4) Postest: berupa kuisioner yang diberikan setelah kegiatan pelatihan selesai. Kegiatan dilakukan dalam dua sesi yang dibagi pada sesi pertama melakukan pengenalan dengan aplikasi Sketch-Up versi 2020 untuk membuat model 3-D bangunan rumah sederhana dan sesi kedua menggunakan aplikasi V-ray versi 5.0 untuk rendering hasil desain. Hasil kegiatan yang diperoleh dari perbincangan dan pelatihan awal dengan siswa/i didapati banyak peserta tidak mengetahui kegunaan dan cara menggunakan aplikasi 3D Sketch-Up dan V-Ray dalam melakukan desain arsitektural. Setelah pelatihan dilakukan, siswa dapat memahami potensi kegunaan dan cara mengaplikasikan aplikasi-aplikasi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dianti, L.W., & Suryaman, H. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Menggambar Menggunakan Sketchup pada Mata Pelajaran Sistem Utilitas Bangunan Gedung Kelas XII KGSP SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 8(2).

Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Adiarta, A. (2018). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Maker bagi Para Guru di Smk TI Udayana. Abdimas Dewantara, 1(2), 31–44.

Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Adiarta, A. (2018). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Meningkatkan Kompetensi Siswa Smk Nusantara Mandiri Kota Bontang. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2).

Manullang, R. (2019). Aplikasi Google SketchUp untuk Desain 3 Dimensi. Elex media komputindo.

Masrul, W., Ravelino, P. & Silva, H. (2022). Pelatihan Sketchup Untuk Siswa/i SMK N 1 Karimun. Sociali: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1), 33-42

Masrul, W., Silva, H., & Ravelino, P. (2022). Penerapan Metoda Student Center Learning pada Pelatihan Sketch up di SMKN 1 Karimun. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1633-1640

Polonia, Betti Ses Eka., Helanianto, Yusuf, Ruchiyat, Asep. (2021). Peningkatan Kompetensi Siswa Smk Negeri 2 Ketapang Jurusan Teknik Pemesinan Melalui Pelatihan Software Autocad. Jurnal Abdiman Dewantara 4(1).

Ridho, M. R. (2021). Penerapan Teknologi Informasi (Software Sketchup) Pada Masyarakat Pemuda Kelurahan Sungai Beringin. Jurnal Karya Abdi, 2(2), 1-8

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Jawa Barat: Alfabeta.

Schreyer, A. C. (2015). Architectural Design with SketchUp: 3D Modeling, Extensions, BIM, Rendering, Making, and Scripting. John Wiley & Sons.

Syahdan, S., Syaifullah, S., & Syafitri, D.T. (2023). Challenges and Strategies of Teachers in Integrating Canva in English Classroom Teaching. ELT-Lectura: Studies and Perspectives in English Language Teaching, 10 (1)

Published
2023-07-22
How to Cite
Repi, R., Nurdin, A. H., & Atika, M. Y. (2023). Peningkatan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Mempura Melalui Pelatihan Software Sketch-Up dan V-Ray. ABDIMAS Lectura: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 122-134. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/abdimaslectura/article/view/14732
Abstract viewed = 27 times
pdf downloaded = 34 times