PKM Pendampingan Kelompok Usaha Tani Bawang Merah melalui Pembukuan Akuntansi dan Strategi Pemasaran

  • Ni Made Vita Indriyani UNIVERSITAS WARMADEWA
  • I Wayan Gde Yogiswara Darma Putra UNIVERSITAS WARMADEWA
  • Ade Ruly Sumartini UNIVERSITAS WARMADEWA
Keywords: Perluasan Pemasaran, Pembukuan, Standar Akuntansi Keuangan (SAK), Produk Usaha Tani, Usaha Tani Bawang Merah

Abstract

Farming group mentoring is a mentoring process provided to farming community groups through a series of activities to increase the knowledge and abilities of group members and to solve problems in field practice. In the mentoring process done by the service team of Warmadewa University, we identified that the red onion farming group of  Desa Sidakarya faced problems regarding good financial governance and expanding their farming products in the online market. Therefore, this mentoring aimed to improve the ability of the farming group members regarding bookkeeping that meets Financial Accounting Standards (SAK) and manage the use of website and social media to market their farming products. The method used is direct mentoring to the group members in terms of bookkeeping referring to SAK, developing skills on farming business management, and managing websites and social media to support the expansion of marketing of their products. Participants involved in this activity were members of the Mekar Sari farming group of Desa Sidakarya. Through this mentoring approach, the red onion farming group members could increase their capabilities in implementing bookkeeping governance that meets SAK. In this activity, the service team also received a positive perception from the participants about the importance of using websites and social media to support the expansion of local product to be marketed in the online market platforms. Through this mentoring activity, the service team concluded that the red onion farming group members of Mekar Sari in Desa Sidakarya are successful in implementing simple accounting reports referring to Financial Accounting Standards (SAK) and have positive perception about the use of websites and social media to market their product to a wider market outside of Bali Island.

Abstrak

Pendampingan kelompok usaha tani adalah proses pembimbingan yang diberikan kepada kelompok masyarakat tani melalui serangkaian aktivitas untuk menambah pengetahuan dan kemampuan anggota kelompok serta membantu penyelesaian masalah di lapangan. Pada konteks ini, tim pengabdian Universitas Warmadewa menemukan masalah bahwa kelompok usaha tani bawang merah Desa Sidakarya menghadapi permasalahan tentang tata kelola keuangan yang baik dan perluasan jaringan pemasaran produk usaha tani secara online. Tujuan pendampingan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anggota kelompok usaha tani tentang pembukuan yang memenuhi Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dan pengembangan jaringan pemasaran produk usaha tani menggunakan website dan media sosial.  Metode yang digunakan yaitu kegiatan pendampingan secara langsung untuk menyusun pembukuan sesuai SAK, pelatihan tata kelola usaha tani dan pengelolaan website dan media sosial untuk mendukung perluasan pemasaran produk mereka. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah anggota Kelompok Usaha Tani Bawang Merah Mekar Sari Desa Sidakarya. Melalui pendekatan pendampingan ini, kelompok usaha tani bawang merah memperoleh peningkatan kemampuan dalam implementasi tata kelola pembukuan yang memenuhi SAK. Pada kegiatan ini, tim pengabdian juga memperoleh gambaran positif dari peserta pendampingan tentang pentingya pemanfaatan media website dan media sosial untuk mendukung perluasan jaringan pemasaran produk lokal untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Melalui kegiatan pendampingan ini, tim pengabdian menyimpulkan bahwa Kelompok Usaha Tani Bawang Merah Mekar Sari Desa Sidakarya berhasil mengimplementasikan laporan akuntansi sederhana yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dan inisiasi positif tentang pemasaran produk-produk usaha tani melalui website dan media sosial sehingga terjangkau oleh masyarakat diluar Pulau Bali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawan, D. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Tank Bawang Merah di Desa Sajen

Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Agrimas Vol 2 No. 1

David, F.R. (2011). Manajemen Strategis: Konsep-Konsep. Edisi Duabelas. Jakarta : Salemba

Empat

Hakim, T.D., Syahdan, S., & Putri, A.A. (2021). Peningkatan Kemampuan Pustakawan dan

Pemuda Kampung Sialang Sakti Melalui Pelatihan Pengolahan Limbah. Bidik: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1)

Putra, I. W. G. Y. D., Sumartini, A. R., & Indriyani, N. M. V. (2022). PKM Implementasi Sistem

Akuntansi Sederhana dan Digitalisasi Pemasaran Loloh Daun Terter Pada KWT Dwi Tunggal Putri Desa Taro. International Journal of Community Service Learning, 6(3).

Rangkuti, F.(2013). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT Gramedia

Pustaka Utama.

Wahyuni, S., Liza, L.O., Syahdan, S., Rusandi, M.A., & Situmorang, D.D.B. (2023). ‘Treasure

hunt’: Using loose parts media to develop social financial education model for early children. Heliyon, 9 (2023) e17188 https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e17188

Yulius, H. (2020). 7 Langkah Praktis Membuat Pencatatan Akuntansi Keuangan Untuk perusahaan Jasa. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Published
2023-10-31
How to Cite
Ni Made Vita Indriyani, I Wayan Gde Yogiswara Darma Putra, & Ade Ruly Sumartini. (2023). PKM Pendampingan Kelompok Usaha Tani Bawang Merah melalui Pembukuan Akuntansi dan Strategi Pemasaran. ABDIMAS Lectura: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 230-240. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/abdimaslectura/article/view/15775
Abstract viewed = 27 times
PDF downloaded = 45 times