Pelatihan Strategi Pembelajaran PAUD Menggunakan Metode Story Telling bagi Pendidik PAUD
Abstract
Early childhood education plays a significant impact in the formation of children's character and abilities, as well as the foundation for further development. Besides, this service’s objective is to train participants regarding the use of storytelling methods in children's intellectual and language development. The storytelling method is used to stimulate children's imagination and build an emotional connection between educators and children. In addition, language development, especially English, at an early age was explained as important. This service demonstrates that training in the storytelling method can improve the quality of learning and language skills of early childhood, providing real benefits in supporting early childhood education.
Abstrak
Peran pendidikan bagi anak usia dini berperan aktif dalam proses terbentuknya karakter dan kemampuan anak, serta menjadi dasar untuk tumbuh kembang selanjutnya. Sasaran dari pengabdian ini adalah untuk melatih peserta mengenai penggunaan metode story telling dalam perkembangan intelektual dan bahasa anak. Metode story telling digunakan untuk merangsang imajinasi anak dan membangun hubungan emosional antara pendidik dan anak. Selain itu, pengembangan bahasa, terutama bahasa Inggris, pada usia dini juga dijelaskan sebagai hal yang penting. Pengabdian ini menunjukkan bahwa pelatihan metode story telling dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kapasitas berbahasa bagi anak usia dini, sehingga memberikan manfaat nyata dalam mendukung pendidikan anak usia dini.
Downloads
References
Candiasa, I. M. (2013). Pemerataan Dan Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Komunitas Guru Online. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 2(1), 118–127. https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v2i1.1417
Daulai, A. F. (2021). Hakikat Manusia dan Pendidikan. Jurnal Tazkiya, 10(2), 68–85. https://doi.org/doi.org/10.30829/taz.v10i2.1222
Gu, L. (2014). Language ability of young English language learners: Definition, configuration, and implications. Language Testing, 3(2), 21–38. 10.1177/0265532214542670.
Haerudin, D. A., & Cahyati, N. (2018). Penerapan Metode Storytelling Berbasis Cerita Rakyat dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter Anak. JURNAL PELITA PAUD /, 3(1). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i1.420
Hurlock, E. (1997). Perkembangan Anak. Erlangga.
Maretsya, Y., Kurnia, N., & Sholihah, A. (2013). Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Animasi Gambar Kelompok B TK Rafflesia Kota Bengkulu.
Mulyasa, M. (2014). Manajemen PAUD. PT Remaja Rosda karya.
Pertiwi, R. (2020). Pelatihan Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Stimulasi Emosi Guru PAUD. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 6, 194. https://doi.org/10.22146/gamajpp.57371.
Pramitasari, A., & Aulia, H. R. (2022). Pelatihan Teknik Bercerita bagi Relawan dan Guru Paud Kelurahan Wonopringgo sebagai Upaya Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 2(4), 1151–1158. https://doi.org/10.54082/jamsi.397
Rizky, R., Aprianto, A., & Putra, M. E. (2023). Pelatihan Membaca Gambar Teknik bagi Siswa Jurusan Teknik Otomotif di SMKN 7 Pekanbaru. ABDIMAS Lectura: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 74–79. https://journal.unilak.ac.id/index.php/abdimaslectura/article/view/13079
Rizqina, A. L. (2018). Membangun Karakter Bangsa Sejak Dini Melalui Metode Bercerita. The 3 Rd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 229–236. https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/99
Rosdiana, Yusi, et al. (2014). Bahasa dan sastra Indonesia di SD.
Setiawan, M. H. Y., & Sufa, F. F. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bercerita. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 132–138. https://doi.org/10.33061/awpm.v2i1.2093
Sophya, I. V. (2013). Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini. Jurnal Thufula, 1(1), 1–21.
Suyadi, S., & Ulfah, U. (2013). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosda karya.