https://journal.unilak.ac.id/index.php/agr/issue/feed Jurnal Agribisnis 2024-01-20T08:17:59+00:00 Asgami Putri [email protected] Open Journal Systems <p>Jurnal Agribisnis is a peer-reviewed and open-access journal which published by Faculty of Agriculture, Universitas Lancang Kuning. This Journal is a periodical publication, published twice a year in June and December. It publishes original manuscript in various topics about agribusiness, but with the specified focus and scope.</p> <p>Jurnal Agribisnis with registered number ISSN 1412-4807 (Print) and ISSN 2503-4357 (Online), has been indexed and abstracted in Science and Technology Index (Sinta 5), Crossref, Google Scholar, Garuda, Ebsco, DOAJ and other scientific databases.</p> https://journal.unilak.ac.id/index.php/agr/article/view/16081 Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Tanaman Hias di Kota Kendari 2024-01-15T07:00:05+00:00 Airi duita putri [email protected] Yusna Indarsyih [email protected] Muhammad Aswar Limi [email protected] <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh dalam mencapai suatu keberhasilan usaha maka pengusaha perlu memperhatikan faktor–faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan usaha dalam meningkatkan pendapatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor–faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha tanaman hias di Kota Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha tanaman hias yang berjumlah 31 orang, dengan menggunakan <em>purposive</em> sampling sehingga sampel dan populasi dalam penelitian ini sama. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS V 25. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji simultan membuktikan bahwa faktor-faktor dalam penelitian ini secara bersama-sama berpengaruh simultan terhadap keberhasilan usaha sedangkan uji parsial variabel modal usaha (X3) dan mitra bisnis (X5), tidak berpengaruh terhadap keberhasilan usaha dan untuk variabel tingkat pendidikan (X1),&nbsp; pengalaman usaha (X2), tenaga kerja (X4) dan&nbsp; biaya promosi (X6) yang berpengaruh parsial terhadap keberhasilan usaha (Y) dan pada koefisien R <em>square</em> determinasi sebesar 0,956 yang berarti 95,6% perubahan variabel keberhasilan usaha di jelaskan oleh keenam variabel independen tersebut, sedangkan sisanya sebesar 4,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termaksud dalam penelitian ini.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Agribisnis https://journal.unilak.ac.id/index.php/agr/article/view/16861 Analisis Perkembangan Posisi Ekspor Biji Pinang Indonesia di Pasar Internasional 2024-01-15T07:00:05+00:00 Khairunnas [email protected] Meki Herlon [email protected] Zulhamid Ridho [email protected] Gion Yomahanda [email protected] Imam Hidayat [email protected] <p>Biji pinang merupakan komoditas pertanian yang mampu menjadi pengekspor terbesar di dunia. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2022 - Februari 2023. Data yang digunakan adalah data&nbsp; <em>time series </em>selama 10 tahun (2012-2021). Data sekunder yang dikumpulkan, meliputi: nilai ekspor impor biji pinang Indonesia, Myanmar, India, Sri lanka dan negara sisa. Sumber data BPS RI, Kementerian Perdagangan RI, <em>F</em><em>ood and Agriculture Organization</em> dan <em>United Nations Commodity Trade Statistics Database</em> (<em>UN Comtrade</em>). Analisis menggunakan analisis Indeks Spesialisasi Perdagangan. Hasil analisis memperlihatkan Indeks Spesialisasi perdagangan (ISP), Indonesia pada periode 2012-2021 stabil pada tahap kematangan dengan nilai 0,99. Thailand pada periode tahun 2012-2021 cenderung menurun, Tahun 2012-2014 Thailand berada pada tahap kematangan dengan nilai 0,99 namun turun pada tahap pertumbuhan ekspor tahun 2015 menjadi 0,47 kemudian naik pada tahun 2016-2019 nilai nya 0,90 pada tahap kematangan dan turun kembali tahun 2020-2021 menjadi 0,16 pada tahap pertumbuhan ekspor. Myanmar dengan perkembangan yang cenderung naik dari tahun 2012 dengan nilai 0,57 berada pada tahap perkembangan ekspor dan pada tahun 2021 berada di tahap kematangan ekspor dengan nilai 1. Sri Lanka dengan perkembangan berfluktuatif. Pada tahun 2012-2013 berada pada tahap kematangan dengan nilai 0,99 kemudian turun pada tahun 2014-2015 di tahap pertumbuhan ekspor dan naik kembali pada tahun 2016-2017 pada tahap kematangan lalu turun kembali tahun 2018 pada tahap pertumbuhan ekspor dan pada tahun 2019-2021 naik pada tahap kematangan ekspor.</p> 2023-12-09T05:01:26+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Agribisnis https://journal.unilak.ac.id/index.php/agr/article/view/17541 Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Produk Sayuran Organik Di Kecamatan Marpoyan Damai (Studi Kasus Di Toko Farmers Market Living World) 2024-01-15T07:00:05+00:00 Khristian Johanes Aritonang [email protected] Latifa Siswati [email protected] Anto Ariyanto [email protected] <p>Pola hidup sehat akrab dengan produk pertanian dengan metode pertanian organik. Salah satu produk pertanian tersebut adalah produk sayuran organik. Tujuan penelitian ini adalah; mengetahui karakteristik konsumen sayur organik di toko <em>Farmers Market</em>, mengidentifikasi pengambilan keputusan konsumen terhadap pembelian sayur organik di toko <em>Farmers Market</em>, mengetahui perilaku konsumen terhadap pembelian sayur organik di toko <em>Farmers Market</em>, mengetahui hubungan karakteristik konsumen dengan perilaku konsumen terhadap pembelian sayur organik di toko <em>Farmers Market</em>. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah <em>accidental sampling</em>, jumlah responden yang diambil adalah 100 orang. Metode analisis yang digunakan adalah Uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik responden pada 100 orang yang digunakan sebagai sampel dalam peneltian ini sebagian besar berjenis kelamin perempuan sebanyak 69 responden, sebagian besar responden&nbsp; yang membeli sayuran organik berusia kurang dari 30 tahun dan pekerjaan yang dimiliki responden dalam penelitian ini paling banyak memiliki pekerjaan pegawai wiraswasta yaitu sebanyak 27 orang. Keputusan pembelian terhadap pembelian sayuran organik di toko Farmers Market memiliki keputusan pembelian tingkat tinggi dengan rentang 68-84 yaitu pada indikator kebutuhan, keinginan, keptusan pembelian dan informasi. Perilaku konsumen terhadap pembelian sayuran organik di toko Farmers Market memilki perilaku tingkat sedang dengan rentang 52-68 yaitu pada indikator kepercayaan, promosi penjualan dan ketersediaan. Perilaku tingkat tinggi dengan rentang 68-84 yaitu pada indikator kualitas pelayanan, kebutuhan, budaya, kelas sosial, kepribadian, pendapatan dan ramah lingkungan. Hasil Chi Square yang dilakukan pada penelitian ini adalah Ha diterima seadangkan H0 ditolak yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku konsumen dengan keputusan pembelian sayuran organik di toko Farmers Market di kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Agribisnis https://journal.unilak.ac.id/index.php/agr/article/view/17558 Analisis Kelayakan Usaha Perencanaan Bisnis Mi Sagu Instan di Kabupaten Kepulauan Meranti 2024-01-15T07:00:05+00:00 Widya Septyati [email protected] Azharuddin [email protected] Limetry Liana [email protected] <p>Perencanaan bisnis mi sagu instan adalah suatu informasi mengenai mi instan berbasis sagu yang mana informasi ini nantinya dapat membantu pengambilan keputusan rencana bisnis yang cepat, tepat serta efisien. Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan daerah yang paling banyak mengembangkan mi sagu untuk industri pangan berbasis sagu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis analisis kelayakan usaha perencanaan bisnis mi sagu instan. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan yang dimulai dari Juni 2019 – Desember 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kriteria investasi. Hasil analisis kelayakan finansial menunjukan bahwa perencanaan bisnis mi sagu instan layak karena telah memenuhi 4 kriteria investasi dengan nilai NPV Rp. 692.327.247,31&gt; 0, Net B/C 1,42&gt; 1, IRR 99,51%, &gt; tingkat suku bunga yang berlaku dengan <em>payback period</em> selama 2 tahun 1 bulan &lt; proyeksi usaha.</p> 2023-12-09T05:11:32+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Agribisnis https://journal.unilak.ac.id/index.php/agr/article/view/16488 Persepsi Petani Ubi Kayu Terhadap Kemitraan Dengan PT. CAM di Desa Wunduwatu Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan 2024-01-15T07:00:05+00:00 Randi Permana [email protected] Muhammad Aswar Limi [email protected] Fahria Nadiryati Sadimantara [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Petani Ubi Kayu Terhadap Kemitraan Dengan PT. CAM di Desa Wunduwatu Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan, serta Mengetahui Persepsi Petani Yang Belum Menjalin Hubungan Kemitraan Dengan PT. CAM Di Desa Wunduwatu Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan. Untuk menentukan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling.. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang petani, yang terdiri dari dari 30&nbsp; petani ubi kayu yang melakukan kemitraan dengan PT. CAM dan 30 petani yang belum menjalin kemitraan.Hasil penelitian ini di bagi dalam 2 kelompok yaitu persepsi mengenai petani yang bermitra dengan PT. CAM dan persepsi petani yang belum bermitra. Petani yang bermitra yaitu tingkat Keuntungan Relatif dengan klasifikasi tinggi 80%, tingkat kesesuaian dengan klasifikasi tinggi 73%, tingkat kerumitan dengan klasifikasi tinggi 70%, dan tingkat manfaat social dan ekonomi kemitraan dengan klasifikasi Tinggi 77%. Sedangkan petani yang belum bermitra memiliki pernyataan yaitu tingkat keuntungan relative dengan klasifikasi sedang 67%, tingkat Kesesuaian dengan klasifikasi tinggi 70%, tingkat kerumitan dengan klasifikasi tinggi 57%, dan tingkat manfaat social dan ekonomi kemitraan dengan klasifikasi Tinggi 70%.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci: Kemitraan, Persepsi, PT. CAM, Ubi Kayu</p> 2023-12-09T05:13:34+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Agribisnis https://journal.unilak.ac.id/index.php/agr/article/view/17768 Potensi Pemanfaatan Limbah Sagu untuk Pakan Sapi di Kabupaten Kepulauan Meranti 2024-01-15T07:00:05+00:00 Latifa Siswati [email protected] Rini Nizar [email protected] Desma Harmaidi [email protected] <p>Ampas sagu yg berasal dari kilang-kilang sagu yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti, selama ini belum dimanfaatkan secara optimal. Bahkan, ampas sagu kumpulkan di suatu tempat atau lahan terbuka atau di buang ke aliran sungai yang ada di sekitar kilang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui potensi ampas sagu yang sebagai pakan alternatif ternak di Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Sebagai sampel penelitian ini dilakukan di Desa Tanjung Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling karena Desa Tanjung merupakan salah satu desa dengan luas kesesuaian lahan tanaman sagu terbesar di Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan yakni dari bulan Maret hingga Agusutus 2022. Hasil survei&nbsp; di formulasikan untuk menghitung potensi limbah sagu yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti dan memperoleh hasil sebanyak 15.127,54&nbsp; kg/hari atau 15,13 ton/hari ampas sagu dari 95 kilang. Penelitian terdahulu menyatakan bahwa &nbsp;pemberian ampas sagu dengan urea dan tanpa pemberian urea menunjukkan perbedaan yang nyata P &lt; 0,05 terhadap protein kasar dan serat kasar ampas sagu. Pemberian urea 5 % pada ampas sagu setelah fermentasi 3 hari, dapat meningkatkan kadar protein kasar dan menurunkan kadar serat kasar ampas sagu sehingga layak untuk dijadikan sebagai pakan ternak sapi.</p> 2023-12-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Agribisnis https://journal.unilak.ac.id/index.php/agr/article/view/17770 Pemasaran Kopi Liberika Meranti di Desa Kedaburapat (Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau) dengan Aplikasi Berbasis Android 2024-01-15T07:00:05+00:00 Desma Harmaidi [email protected] Latifa Siswati [email protected] Dedi Zargustin [email protected] <p>Pemasaran kopi di Kabupaten Kepualaun Meranti terutama bagi para petani/produsen kopi saat ini mengalami kendala dalam pemasaran dikarenakan dampak pandemik yaitu Covid19. Sebelumnya pemasaran kopi di Kabupaten Kepulauan Meranti hanya melalui titipan produk dari warung ke warung. Tujuan dari penelitian memberikan kemudahan petani/produsen kopi liberika dalam memasarkan produk kopinya hingga keluar Kabupaten yang berbasis android <em>(Digital Marketing)</em>. Penelitian dilaksanakan di Desa Kedaburapat Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti selama 6 bulan dari Maret 2022 sampai September 2022. Metode yang akan kita terapkan menggunakan metode tatap muka atau langsung dengan memberikan pelatihan dan menggunakan slide persentasi, modul aplikasi dan praktek secara langsung dalam menggunakan sistem informasi tersebut. Penelitian kali ini akan membuat aplikasi berbasis android yang tentu akan lebih memudahkan lagi para petani/produsen kopi dalam menjual kopi dan juga mempermudah pembeli dalam mencari produk kopi. Dengan aplikasi berbasis android pembeli cukup menginstal aplikasi tersebut di smartphone, sehingga informasi-informasi terbaru tentang kopi akan didapat secara realtime dan jangkauan pemasaran akan lebih luas.</p> 2023-12-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Agribisnis https://journal.unilak.ac.id/index.php/agr/article/view/12601 Pemetaan Pemasaran Produk Olahan Jagung Marning Di Kecamatan Jatirogo Tuban 2024-01-15T07:00:05+00:00 Aliyah Usman [email protected] <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>Pengembangan agroindustri bidang pangan dapat dilakukan dengan mengembangkan berbasis produk olahan pangan lokal yaitu jagung marning. Dalam rangka mendukung kegiatan pemasaran produk olahan pangan lokal di Kabupaten Tuban&nbsp; yaitu : proses penyaluran barang hingga sampai ke konsumen, peranan saluran dan lembaga pemasaran yang terlibat, mendeskripsikan jumlah produksi atau kuantitas, situasi harga, wilayah pasar, lalu lintas pemasaran dari produsen ke tangan konsumen, dan analisis efisiensi saluran-saluran pemasaran. Penelitian ini dllakukan di Kabupaten Jatirogo Tuban. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemetaan kuantitatif, wilayah pasar, harga&nbsp; dan lalu lintas dalam pemasaran produk olahan jagung marning di kecamatan Jatirogo Tuban. Adapun responden adalah 20&nbsp; Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terlibat dalam produksi olahan jagung marning. Hasilnya Menunjukkan bahwa 1) pemetaan kuantitatif rata-rata biaya produksi olahan jagung marning sebesar Rp.1.650.00,-; 2) pemetaan wilayah Pasar produk olahan jagung marning didalam kecamatan yaitu sekitar pasar jatirogo setiap hari.; 3)pemetaan harga jual olahan jagung marning rata-rata pada tingkat produsen Rp. 20.000/kg, pada tingkat pedagang pengumpul Rp.22.000/kg, pada tingkat pedagang besar/grosir Rp. 24.000/kg,&nbsp; dan pada tingkat pedagang pengecer Rp.&nbsp; 27.000/kg; 4) pemetaan Lalu Lintas pemasaran olahan jagung marning yaitu dengan berjalan kaki, sepeda motor, bus dan mobil Pick up.</em></p> 2023-12-13T06:47:20+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Agribisnis https://journal.unilak.ac.id/index.php/agr/article/view/17395 STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOPI NARARA DI KECAMATAN SIPIROK KABUPATEN TAPANULI SELATAN (Studi Kasus : Usaha Kopi Narara Bapak Robert Siregar) 2024-01-15T07:00:05+00:00 ayulestari_141 Hutabarat [email protected] Dedi Zargustin [email protected] Asgami Putri [email protected] <p>Tujuan penelitian ini adalah <sup>1</sup>untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang hadapi agroindustri usaha kopi narara di Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan <sup>2</sup>untuk mengetahui peluang dan ancaman yang hadapi agroindustri usaha kopi narara di Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan <sup>3</sup>untuk mengetahui strategi yang dilakukan dalam pengembangan potensi agroindustri usaha kopi narara di Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan <sup>4</sup>untuk mengetahui profil usaha Kopi Narara Di Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan.</p> <p>Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk menentukan populasi dan sampel dilakukan secara atau purposive sampling sebanyak 15 orang responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini untuk strategi pengembangan menggunakan Metode Analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi internal Usaha Kopi Narara Bapak Robert Siregar Di Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan yang berjumlah : kekuatan memperoleh skor 4,00 dan kelemahan 1,77. Hal ini membuktikan bahwa gambaran keadaan internal dalam Usaha Kopi Narara Bapak Robert&nbsp; Siregar ini dianggap kuat untuk mengatasi kemungkinan kelemahan-kelemahan yang akan muncul pada usaha ini untuk kedepannya. Sedangkan pada kondisi eksternal peluang lebih besar memperoleh skor 4,00 dan ancaman lebih kecil memperoleh skor 2,46. Hal ini membuktikan bahwa gambaran keadaan eksternal dalam usaha Kopi Narara ini cukup mampu meminimalisir ancaman dan memanfaatkan peluang yang ada.</p> <p>Dari hasil diatas menunjukkan bahwa Usaha Kopi Narara Bapak Robert Siregar berada pada kuadran I (Strategi Agresif) ini menandakan bahwa kondisi yang sangat kuat dan memiliki peluang. Strategi pengembangan yang tepat dalam usaha Kopi Narara Di Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan adalah Strategi SO (Strength Oppornitunities) yaitu Strategi yang memanfaatkan kekuatan untuk mendapatkan peluang yang sebesar-besarnya.</p> 2023-12-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Agribisnis https://journal.unilak.ac.id/index.php/agr/article/view/18224 DINAMIKA AGROINDUSTRI SAGU DI INDONESIA 2024-01-15T07:00:05+00:00 chezy WM Vermila [email protected] Rahmat Syahni [email protected] Rusda Khairati [email protected] Vonny Indah Mutiara [email protected] <p>Usaha agroindustri pedesaan merupakan usaha penting dan strategis untuk dikembangkan namun permasalahan yang terjadi adalah produksi/budidaya sagu dan kendala pada Sumber Daya Manusia, hal inilah yang ingin dikupas dalam penelitian ini. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode <em>Systematic Literature Review</em> (SLR) yaitu metode tinjauan pustaka yang mengidentifikasi, mengevaluasi dan menafsirkan seluruh temuan pada topik penelitian untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu adanya suatu perencanaan terpadu serta pemanfaatan teknologi yang memadai untuk dapat menginventarisasi dan mengidentifikasi potensi SDA sagu. Potensi SDA sagu semestinya tidak dilihat lagi secara parsial, akan tetapi terintegrasi untuk itu perlu divitalisasi untuk pemanfaatannya. Perlu upaya revitalisasi kebun-kebun sagu untuk mempertahankan peran penting sagu. Peningkatan produktivitas juga menjadi solusi penyediaan bahan baku sagu di tengah persaingan penggunaan lahan dengan komoditas komersial lain. kemampuan SDM yang terbatas dalam penguasaan manajemen dan teknologi bisa ditingkatkan dengan adanya penambahan pengetahuan kepada pada petani atau pelaku agroindustri.</p> 2023-12-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Agribisnis https://journal.unilak.ac.id/index.php/agr/article/view/18057 ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DIALOG KOPI DI SUKOHARJO 2024-01-15T07:00:05+00:00 Rosyid Dwi Windarto [email protected] Kusnandar [email protected] Ernoiz Antriyandarti [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen di Dialog Kopi Sukoharjo. Metode penelitian dasarnya adalah deskriptif. Lokasi penelitian di Dialog Kopi Sukoharjo. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel penelitian adalah 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas konsumen Dialog Kopi adalah perempuan berusia 15-24 tahun, memiliki tingkat pendidikan setara dengan sekolah menengah atau saat ini masih pelajar, dan memiliki tingkat pendapatan yang dapat dianggap cukup. Variabel yang mempengaruhi loyalitas konsumen di Dialog Kopi adalah variabel kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,029.</p> 2023-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Agribisnis https://journal.unilak.ac.id/index.php/agr/article/view/16867 Analisis Sistem Agribisnis Padi Sawah di Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar 2024-01-15T07:00:05+00:00 Siti Fajeri Siti [email protected] <p>Penelitian ini mengenai analisis sistem agrbisnis Padi Sawah di Desa Muara Uwai. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis subsistem pertanian hulu, (2) menganalisis subsistem budidaya pertanian, (3) &nbsp;menganalisis subsistem pengolahan, (4) menganalisis subsistem pemasaran, (5) mengetahui subsistem kelembagaan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar dengan menggunakan metode survei . Teknik pengambilan responden dilakukan dengan cara <em>simple random sampling</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah petani padi sawah dengan jumlah 40 petani. Hasil penelitian adalah: (1) Berdasarkan kriteria 6 tepat pada benih, pupuk dan alat pertanian yang digunakan sudah tepat. (2) Kegiatan budidaya tanaman Padi Sawah berupa persiapan lahan, pembajakan, penyemaian benih, penanaman, pemupukan, penyemprotan, penyiaangan, pemanenan dan pasca panen. (3) Analisis subsistem pengolahan menunjukkan bahwa pengolahan beras terbagi menjadi dua yaitu pengeringan gabah panen menjadi gabah kering giling dan penggilingan gabah kering giling menjadi beras . (4) Pemasaran beras Desa Muara Uwai terbagi menjadi dua saluran yaitu saluran pertama petani langsung memasarkan beras kepada konsumen di pasar, saluran kedua petani menggunakan lembaga pemasaran yaitu tauke penggiling padi yang kemudian disalurkan ke konsumen. (5) Kelembagaan penunjang agribisnis padi di Desa Muara Uwai terdapat tiga lembaga yaitu kelompok tani, lembaga penyuluh pertanian lapangan dan lembaga pemerintah.</p> 2023-12-30T05:42:42+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Agribisnis https://journal.unilak.ac.id/index.php/agr/article/view/18111 Pengaruh Kebijakan Mandatori Biodiesel Terhadap Neraca Perdagangan dan Industri Minyak Goreng Sawit Indonesia 2024-01-15T07:00:05+00:00 Nur Afni Evalia [email protected] Rizal Rahman H Teapon [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan mandatori biodiesel terhadap neraca perdagangan dan industri minyak goreng sawit indonesia baik jangka panjang ataupun jangka pendek. Penelitian ini menggunakan analisis <em>Error Corection Model</em> (ECM) untuk melihat hubungan antara variable yang digunakan. Selain itu, juga untuk melihat kinerja capaian mandatori biodiesel dari tahun 2006 sampai tahun 2017.&nbsp; Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terjadi fluktuasi neraca perdagangan selama penerapan kebijakan mandatori biodiesel, dan juga terjadi fluktuasi harga minyak goreng dan harga CPO. Kebijakan mandatori biodiesel mempunyai kointegrasi jangka pendek hanya terhadap neraca perdagangan dan memiiki kointegrasi jangka panjang terhadap produksi CPO, Harga CPO domestik, harga ekspor CPO, harga minyak goreng dan produksi minyak goreng. Penerapan kebijakan mandatori biodiesel sampai tahun 2018 belum mampu mencapai target yang diharapkan</p> <p>Key Words : <em>error correction model</em>, mandatori biodiesel</p> 2023-12-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Agribisnis https://journal.unilak.ac.id/index.php/agr/article/view/17347 Analisis kelayakan usaha baglog jamur tiram di Kota Medan 2024-01-20T07:49:41+00:00 Tina Herianty Masitah [email protected] Faisal Azhari Baldan Panjaitan [email protected] Masda Lena [email protected] <p><strong>ABSTRAK </strong></p> <p>Tujuan penelitian ini adalah 1).Untuk mengetahui prosedur pembuatan baglog &nbsp;di Kota Medan. 2).Untuk menganalisis kelayakan usaha baglog jamur tiram di Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan penentuan lokasi penelitian secara purposive yaitu pada Usaha Jamur Mushroom House dan Koptan Jamur Tiram, dengan metode analisis yang digunakan berupa analisis kuantitatif deskriptif. Untuk menganalisis rumusan masalah menggunakan analisis biaya produksi dan studi kelayakan usaha baglog jamur tiram R/C. Berdasarkan hasil dari penelitian 1). Proses pembuatan baglog&nbsp;&nbsp;&nbsp; dimulai dari bahan baku media tanam yaitu serbuk kayu gergaji 100 kg, bekatul 10 kg, kapur pertanian (kaptan). Semua bahan dicampurkan sambil ditambahkan air. Banyaknya air disesuaikan hingga medium kompak yaitu ketika dikepal tidak terurai dan ketika diperas tidak mengeluarkan air. Sebanyak 0,5 kg medium selanjutnya dimasukkan ke dalam plastik tahan panas ukuran 1 kg kemudian padatkan dan ditutup dengan mengikatnya menggunakan karet sambil menyelipkan kapas/kapuk pada bagian atas. Sterilisasi selama tidak kurang dari 5 jam. Setelah steril, simpan baglog di tempat yang bersih.&nbsp; 2) usaha baglog jamur tiram di Mushroom House layak diusahakan dengan R/C sebesar 1,71&gt;1 dan Koptan Jamur Tiram juga layak diusahakan dengan R/C sebesar 2.17&gt;1, Sehingga dapat disimpulkan usaha baglog di kedua lokasi usaha layak untuk di usahakan</p> 2024-01-15T07:12:29+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Agribisnis https://journal.unilak.ac.id/index.php/agr/article/view/13055 THE EFFECT OF INTERACTION QUALITY, PERCEIVED PERFORMANCE EXCELLENT AND RELATIONSHIP SATISFACTION ON CONSUMER TRUST AND LOYALTY (Case Study: Rattan Craft Business "UD. Rattan Handmade" Pekanbaru) 2024-01-20T08:17:59+00:00 Devinda Desi Indra Murti [email protected] Syaiful Hadi [email protected] Fajar Restuhadi [email protected] <p><strong><em>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;ABSTRACT</em></strong></p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; This study aims to analyze the effect of Interaction Quality UD. "Rattan Handmade" on consumer trust. Analyzing the effect of Interaction Quality UD. "Rattan Handmade" on consumer loyalty, analyzing the effect of Perceived Performance Excellence UD. "Rattan Handmade" on consumer trust, analyzing the effect of Perceived Performance Excellence UD. "Rattan Handmade" on consumer loyalty, analyzing the effect of Relationship Satisfaction UD. "Rattan Handmade" on consumer trust, analyzing the effect of Relationship Satisfaction UD. "Rattan Handmade" on consumer loyalty, analyzing the effect of trust on consumer loyalty. This study uses the SEM-AMOS analysis method and is assisted by using AMOS 22 software. The results of this study are that there is a positive influence of Interaction Quality on consumer trust according to the estimation results of the standardized regression weight coefficient obtained at 0.263 and a CR value of 2.492. There is a positive effect of Perceived Performance Excellent on Trust, according to the estimation results of the standardized regression weight coefficient obtained at 0.318 and the CR value of 2.319. There is a positive influence of Relationship Satisfaction on Trust. According to the estimation results, the coefficient value of the standardized regression weight was 0.385 and the CR value was 2.960. There is a positive influence of Interaction Quality on Loyalty. According to the estimation results, the coefficient value of the standardized regression weight was 0.296 and the CR value was 2.780. There is a positive effect of Perceived Performance Excellent on Loyalty, according to the estimated results of the standardized regression weight coefficient value obtained at 0.348 and a CR value of 2. There is no positive effect of Relationship Satisfaction on Loyalty, according to the estimation results the standardized regression weight coefficient value is obtained at 0.195 and a CR value of 1,481. There is a positive influence of Trust on Loyalty. The results of the hypothesis test showed that the estimated parameter coefficient value of the standardized regression weight was 0.342 and the CR value was 2.152.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Keywords: Interaction Quality, Loyalty ,Perceived Performance Excellent, Relationship Satisfaction, Trust</strong></p> 2024-01-20T08:08:48+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Agribisnis