KONSEP PENATAAN OPEN SPACE KAWASAN REKTORAT DAN PERPUSTAKAAN KAMPUS UNIVERSITAS LANCANG KUNING

  • Hendri Silva Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning
Keywords: Open space, Potensi, Konsep penataan

Abstract

Kampus universitas lancang kuning adalah salah satu kampus yang memiliki kawasan yang cukup luas dan memiliki potensi yang sangat banyak terutama terkait dengan pemanfaatan potensi ruang luarnya, hanya saja potensi ini belum termanfaatkan secara optimal

Salah satu potensinya adalah keberadaan  open space rektorat dan perpustakaan. Open space ini, terbentuk oleh dua masa utama yaitu rektorat dan perpustakaan. Pola massa yang membentuk  open space ini terlihat seperti huruf  “U” yang ditutup oleh bentuk massa perpustakaan yang berbentuk persegi.

Terkait dengan keberadaan dan rencana pengembangan open space ini, maka peneliti merasa perlu melakukan penelitian guna merumuskan konsep dan  kriteria penatataan yang berlaku dalam pengembangan fungsi kawasan open space sebagai pusat kegiatan dan pusat orientasi kawasan di unilak.

Metode penelitian ini menggunakan metode rasionalistik yang berdasarkan pada tujuan penelitian yang menitik beratkan pada mengidentifikasi pemanfaatan potensi ruang luar dan merumuskan kriteria penatataan kawasan kampus universitas lancang kuning di masa depan.

Kesimpulan dari penelitian adalah ditemukannya begitu banyak potensi ruang luar kawasan  yang belum termanfaatkan secara maksimal, yang dapat dikembangkan dengan konsep penataan ruang luar yang mengacu pada pola massa kawasan dengan memperkuat keberadaan sumbu simetri kawasan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-01-22
Abstract viewed = 25 times
pdf downloaded = 104 times