PERANCANGAN KAWASAN WATERFRONT DUMAI SEBAGAI PENGEMBANGAN KAWASAN PERDAGANGAN DAN WISATA

  • Wati Masrul Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning
Keywords: Ruang potensial, Ruang terbuka publik, alternatif Pengembangan, Pengembangan yang berorientasi kepada peningkatan ekonomi

Abstract

Perancangan kawasan waterfront Dumai sebagai pengembangan kawasan perdagangan dan wisata pada dasarnya adalah perancangan kawasan yang didasari oleh adanya berbagai potensi dan permasalahan yang dimiliki oleh kawasan perancangan dan kota Dumai seperti  keberadaan kota yang berbatasan dengan kawasan tepi air dengan berbagai karakter dan keunikan yang dimilikinya.

Kota Dumai sebagai salah satu pintu gerbang pantai timur Sumatera merupakan salah satu asset yang dapat meningkatkan citra kota menjadi lebih baik. Namun hal ini sangat berbeda dengan fenomena yang terjadi di kota Dumai dimana kawasan tepi air pada umumnya dimiliki oleh pihak swasta dan diorientasikan dengan aktivitas industri.

Berbeda dengan kawasan pelindo yang berada di kawasan urban dimana kawasan ini merupakan kawasan potensial yang rencana awal akan di kembangkan dengan fungsi cargo, namun dalam prosesnya mengalami beberapa hambatan. Oleh sebab itu dengan melihat  kurangnya ruang publik di kawasan pusat kota maka dalam hal ini perancangan waterfront Dumai yang diorientasikan sebagai Commercial Waterfront dan Recreational Waterfront  yang mampu memberikan keuntungan kepada berbagai pihak yaitu pelindo, investor, pemerintah dan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-26
Abstract viewed = 293 times
pdf downloaded = 978 times