PERANCANGAN SEKOLAH DASAR LUAR BIASA TUNAGRAHITA DI KOTA PEKANBARU PROVINSI RIAU

  • Gusti Rahmat Efendi Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning
  • Repi Repi Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning
  • Rika Cheris Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning
Keywords: Fasilitas, konsep perancangan, SDLB, Tunagrahita

Abstract

Sebuah rancangan harus bisa dinikmati oleh segala lapisan masyarakat baik dari segi sosial maupun segi ekonomi. Tidak ada suatu rancangan yang hanya bisa dinikmati oleh segelintir kalangan. Manusia tidak bisa meminta keadaan setelah dilahirkan baik berupa kesehatan, ras, suku, bangsa bahkan orang tua yang kita inginkan. Orang tua berperan aktif dalam membesarkan dan mengembangkan anak yang telah dititipkan oleh tuhan yang maha kuasa sebagai karunia. Menerima dan mensyukuri memang berat bagi orang tua yang memiliki anak Tunagrahita. Seringkali masyarakat awam menilai bahwa anak berkebutuhan khusus salah satunya anak tunagrahita sebagai kaum minoritas yang di kucilkan di tengah- tengah masyaratkat. Dan dilihat dari fasilitas anak tunagrahita yang sangat minim.Dalam penulisan ini metode yang digunakan ada empat yaitu: studi literatur, studi empiris, studi lapangan dan wawancara. Menurut data Dinas Sosial kota Pekanbaru tahun  2015 yaitu 55 orang. Dalam undang undang nomor 8 tahun 2016 pasal 5 ayat 1 ada hak hak dari disabilitas yang sama dengan orang lain. Oleh karena itu, perlunya peningkatan fasilitas tunagrahita yang layak dan sesuai dengan karekteristik anak tunagrahita yang kurang dalam respon sensorik dan motorik. Hasil analisa menghasilkan sebuah perancangan yang merespon kekurangan/permasalahan anak tunagrahita seperti: kurang mandiri nya anak tunagrahita dalam kehidupan sehari-hari dan tidak tersedia fasilitas pendidikan yang khusus untuk anak tunagrahita di Pekanbaru

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-31
Abstract viewed = 282 times
pdf downloaded = 644 times