PERKEMBANGAN STRUKTUR DAN BENTUK RUANG KOTA BAGANSIAPIAPI

  • Repi repi
Keywords: Struktur, Bentuk Ruang Kota

Abstract

Kota Bagansiapiapi mengalami peningkatan perkembangan fisik kota, pemanfaatan ruang kota maupun aktifitas-aktifitas kota, perkembangan yang terjadi tidak terlepas dari latar belakang sejarah baik secara politik, ekonomi maupun sosial budaya. Dengan melakukan pendekatan historikal perkembangan struktur dan bentuk ruang kota Bagansiapiapi dapat dilihat dengan cara eksplorasi berbagai fenomena maupun ide-ide yang mendasari terbentuknya struktur dan bentuk ruang kota.

Tahapan perkembangan struktur dan bentuk ruang kota Bagansiapiapi di deskripsikan dengan beberapa periode yakni periode datangnya Cina, Kolonial Belanda, Jepang, awal kemerdekaan dan pembentukan Provinsi Riau serta Otonomi Daerah.

Hasil penelitian menunjukkan pada setiap periode kekuatan yang muncul berupa perekonomian dan pemerintahan. Dari awal perkembangan kota Bagansiapiapi tersusun yang terdiri dari area Selatan merupakan permukiman masyarakat pribumi, tengah kota oleh kedatangan Cina dan Belanda sedangkan bagian Utara dikembangkan oleh suku Jawa dan Bugis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-09-15
Abstract viewed = 118 times
PDF downloaded = 1702 times