Implementasi Seriang Game Edukids Sebagai Media Pembelajaran Menyenangkan di SDN Wonocolo 2 Sidoarjo

  • Yusrida Muflihah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Isrida Yul Arifiana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Siswoyo Siswoyo Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muhammad Rizky Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Media Pembelajaran, Matematika, Games Edukatif, Seriang

Abstract

Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang dianggap sukar oleh siswa. Berbagai macam keluhan juga muncul dari Guru, diantaranya capaian nilai akademik yang rendah, proses belajar matematika yang akhirnya berdampak pada perilaku bermasalah di kelas. Kondisi ini juga dihadapi oleh Guru kelas V di SDN Wonocolo 2 Sidoarjo. Berdasarkan identifikasi permasalahan yang dilakukan oleh pengusul, kondisi tersebut terjadi didasari oleh beberapa hal: 1)Penjelasan materi dan rumus kurang menarik dan cukup membosankan ; 2) Latihan soal yang kurang menarik dan membosankan untuk dikerjakan ; 3)Tidak ada keseruan dalam mengerjakan soal. Oleh sebab itu, prioritas dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah menyelesaikan permasalahan mitra terkait dengan penggunaan media pembelajaran matematika kelas V SDN Wonocolo 2 Sidoarjo. Solusi yang ditawarkan adalah mengimplementasikan Seriang Games Edukids serta pemberian penyuluhan terkait penggunaannya. Adapun Seriang Games Edukids yang akan diimplementasikan dilengkapi dengan fitur menampilkan materi dan rumus serta latihan soal yang dikemas dalam bentuk aktivitas permainan. Berdasarkan hasil implementasi, dapat disimpulkan bahwa Seriang Games Edukatif efektif untuk meningkatkan pemahaman akan konsep belajar matematika serta dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran yang menarik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-02
How to Cite
Muflihah, Y., Arifiana, I. Y., Siswoyo, S., & Rizky, M. (2022). Implementasi Seriang Game Edukids Sebagai Media Pembelajaran Menyenangkan di SDN Wonocolo 2 Sidoarjo. BIDIK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 15-22. https://doi.org/10.31849/bidik.v3i1.11252
Abstract viewed = 91 times
PDF downloaded = 80 times