Pelatihan SDM Untuk Mewujudkan Inovasi Literasi TBM Nurani Bangsa Berbasis Teknologi Informasi

  • Moh Atho'ur Rohman Universitas Negeri Malang
  • Moh Safii Universitas Negeri Malang
  • Ilham Wijayanto Universitas Negeri Malang
  • Elya Farida Universitas Negeri Malang
  • Rizqi Rujito Pamungkas Universitas Negeri Malang
Keywords: taman bacaan masyarakat (TBM), teknologi informasi, senayan library management system (SLiMS)

Abstract

Menurut UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 26 ayat (4) menyelenggarakan pendidikan nonformal pusat kegiatan belajar masyarakat yang disebut dengan taman bacaan masyarakat (TBM). Tujuan TBM sebagai lembaga untuk meningkatkan literasi masyakarat yang di dukung sumberdaya manusia yang bertindak sebagai motivator. Untuk mewujudkan hal tersebut tentu TBM harus memiliki sumber daya manusia yang kompeten dibidangnya. Metode Pelaksanaan yang digunakan ialah paparan/ceramah, diskusi dan pendampingan via grup whatsapp. Dalam melaksanakan pelatihan diselenggarakan sehari dengan dimulai diskusi bersama peserta dan pemaparan materi serta di ikuti dengan post test. Materi pelatihan meliputi manajemen organisasi, SLiMS, klasifikasi, pengelolahan bahan pustaka, story telling dan literasi informasi.  Dari hasil diskusi bersama peserta di dapatkan kategori sangat kurang dengan nilai rata-rata 31 dan nilai post-test rata-rata 93 dengan kategori sangat memuaskan. Dari peningkatan nilai post test di dapatkan bahwa pelatihan ini mampu memberikan pengetahuan pengelolaan TBM Nurani Bangsa berbasis teknologi informasi.

Kata Kunci : taman bacaan masyarakat (TBM), teknologi informasi, senayan library management system (SLiMS)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-10
How to Cite
Atho’ur Rohman, M., Safii, M., Wijayanto, I., Farida, E., & Rujito Pamungkas, R. (2022). Pelatihan SDM Untuk Mewujudkan Inovasi Literasi TBM Nurani Bangsa Berbasis Teknologi Informasi. BIDIK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1-9. https://doi.org/10.31849/bidik.v2i2.8244
Abstract viewed = 202 times
PDF downloaded = 241 times