Peningkatkan Motivasi Dan Wawasan Siswa Melalui Fieldtrip Observation
Abstract
Pembelajaran learning from home (LFH) pada masa pandemic covid 19, siswa mendapat penurunan motivasi belajar; siswa tidak bisa keluar rumah dan tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan guru atau teman saat belajar. Pendampingan peserta didik ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan wawasan belajar siswa, melalui learning outdoor activities di tempat wisata Eco-edupark reserve Panbil Batam. Learning outdoor activities ini diikuti oleh 87 siswa. Siswa dibagi dalam 5 kelompok yang terdiri dari kelas kecil dan kelas besar dan setiap kelompok didampingi oleh tenaga pendidik. learning outdoor activities ini dapat meningkatkan motivasi, rasa ingin tahu yang tinggi dan membangun bakat siswa. Mendapat pengetahuan yang baru, mengamati hewan, membuat catan lapangan dan dapat mempresentasikan kegiatan yang telah dilakukan. Siswa memperoleh wawasan baru, bersosial, kerjasama dan peduli lingkungan. Hasil dari pendapingan ini, wawasan, motivasi belajar dan kreatifitas siswa meningkat ditunjukkan pada hasil awal pengetahuan siswa, 60% dan akhir, 90%
Downloads
References
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta
Elida, 2018. Peningkatan motivasi belajar pkn siswa kelas IX.7 SMP 21 kota Pekanbaru melalui penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe number heads Together, DINAMISA: Jurnal pengabdian masyarakat, vol 2, (1), 135-143
Hulu, F., Dewi, T., & Meilina, F., (2022). English skill improvement at grade 11 of Hospitality major at SMK Tunas Muda Berkarya Batam, Bajang Jurnal, Vol. 1 (1), 1891-1898, dikutip dari : https://www.bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/990
Kusumuningtyas, (____). Pemanfaatan desa wisata sebagai sumber belajar Berbasis teknologi untuk siswa sekolah dasar, Dikutip dari : http://repository.upy.ac.id/1239/1/4.%20Anita%20Desi%20Kusumaningtyas.pdf
Ningrum, D., & Priyanti, N., 2022. Mendampingi Anak dan Siswa Mengembangkan Resiliensi pada Saat Belajar dari Rumah, DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 6, (2), 477-483, DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.9254
Noorhayati, 2018. Penerapan konsep edu-ekowisata sebagai media Pendidikan karakter berbasis lingkungan, jurnal, Vol.12 (1), dikutip dari : https://media.neliti.com/media/publications/280286-penerapan-konsep-edu-ekowisata-sebagai-m-34e36216.pdf
Novita A, Fayruzah (2021) “Peran Orang Tua dalam Pendampingan Anak di Masa Pandemi
Covid 19”, MAHAROT : Journal of Islamic Education
Siahaan, A., Antoni, C., & Etal, (2019). Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Masyarakat Hinterland Dalam Pengembangan Kampung Wisata Pasir Panjang, jurnal Abdimas-Polibatam, vol. 1 (1), 29-35
Titisari & Pawenang, 2021. Learning Interest, Achievement Motivation, Learning Style and Self-Reliance Of Learning Effect On Student Achievement At Smp Batik Surakarta, IJEBAR: Internasional jurnal of economic, Vol. 5, (3)
Wahyudi, P., 2020. Wisata Edukasi: Berwisata Sambil Belajar, dikutip dari : https://genpi.id/wisata-edukasi-berwisata-sambil-belajar/
Wasidi, Amran Achmad, M. Hatta Jamil, (2013). Strategi pengembangan ekowisata Pada Air Terjun Sri Getuk Gunung Kidul, Badan Kepegawaian Daerah Gunung Kidul, Yogyakarta
Wachyuni, Sulistyaningtyas, Yuniarti & Hasanah, (2022). Motivasi Berprestasi Dalam Upaya Membangun Karakter Unggul Melalui Literasi Digital Pada Orang Tua Terhadap Pola Asuh Anak di Cirebon dan Indramayu
Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
https://www.kemenkopmk.go.id/tantangan-pendidikan-di-masa-pandemi-semua-orang-harus-jadi-guru, 12;2020