Peningkatan Literasi bagi Guru MGMP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kota Tegal melalui Pendampingan Penulisan Artikel
Abstract
Selama pandemi covid-19, kemampuan literasi Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kota Tegal yang tergabung dalam MGMP Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kota Tegal, tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan menurunnya jumlah publikasi artikel ilmiah ataupun artikel populer. Padahal di sisi lain, kebutuhan guru untuk kenaikan kepangkatan terus meningkat. Oleh karena itu, dengan adanya tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan menulis artikel ilmiah dan artikel populer bagi Guru MGMP Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kota Tegal, dan meningkatkan budaya literasi guru dalam masa pandemi covid-19. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan cara pendampingan bagi guru MGMP Bahasa Indonesia SMP/MTs. di Kota Tegal. Hasil luaran yang diharapkan adalah (1) guru memiliki keterampilan dalam menulis artikel ilmiah dan artikel populer sebagai solusi meningkatkan literasi pada masa pandemi covid-19, (2) guru dapat menghasilkan artikel ilmiah dan artikel populer yang dapat dipublikasikan dan dapat digunakan untuk kenaikan pangkat.
Downloads
References
Ayuningtyas, Fitria dan Drina Intyaswati. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah di Sekolah tinggi Agama Islam Al-Karimiyah, Depok Jawa Barat. Jurnal Dinamisia, 6 (2): 305-312.
Chamalah, Evi. (2021). Tingkatkan Literasi Guru MGMP Bahasa Indonesia SMP Kota Tegal melalui Penulisan Artikel. Publikasi online. https://jatengdaily.com/2021/tingkatkan-literasi-guru-mgmp-bahasa-indonesia-smp-kota-tegal-melalui-penulisan-artikel/?amp=1
Harras, Kholid A. (2011). Mengembangkan Potensi Anak melalui Program Literasi Keluarga. Jurnal Artikulasi, 10 (1).
Hayati, Khodijah dan Fitri Amalia. (2021). Optimalisasi Keterampinan Menulis pada Guru. Jurnal Aksiologiya. 5 (2): 163-171.
Kemendikbud. (2014). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyesuaian Penetapan Angka Kredit Guru PNS dan Guru Bukan PNS.
Oktoviana, L. T., et al. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah dari Hasil Penelitian bagi Guru Matematika SMK Kota Kediri. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2): 115-122.
Prabawati, M. N., dan Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1): 207–212.
Masrifatin, Y., Putri, L.D., Anwar, K. dan Makki, M. (2021). Pendampingan Masyarakat dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 melalui Program Pendidikan dan Ekonomi. Jurnal Bisma, Bimbingan Swadaya Masyarakat, 1(2): 65-69.
Sari, Ifit Novita dan Hayat. (2021). Service Learning Klinis Artikel Ilmiah bagi Guru yang akan Mengajukan Kenaikan Pangkat Jabatan. Jurnal Dinamisia, 5(5): 1114-1119.
Sultan, Mokh Adib et al. (2021). Peningkatan Literasi Proses Bisnis Pada Kelompok Tani Kopi Buntis Dalam Rangka Penciptaan Keberlanjutan. Jurnal Aksiologiya, 5 (3): 280-288.
Suparman, S. (2016). Peranan Perguruan Tinggi (LPTK) Dalam Mewujudkan Tenaga Pendidik Yang Profesional. Seuneubok Lada, 3(2): 12-19.
Suryadi, M. dan Oktiva Herry Chandra. (2021). Pendampingan Teknik Penulisan Pembahasan, Simpulan, dan Daftar Rujukan bagi Guru MGMP Bahasa Indonesia SMA Kota Semarang. Jurnal Harmoni, 5(1): 20-25.