Pemanfaatan Aplikasi Sebagai Media Bantu Edukasi Agama Islam Untuk Anak Usia Dini

  • Guntoro Barovih Teknik Informatika, STMIK Palcomtech
  • Eka Prasetya Adhy Sugara Politeknik PalComTech
  • Nurussama Politeknik PalComTech
Keywords: Teknologi, Aplikasi, Media Edukasi, Usia Dini

Abstract

Penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar menjadi sangat penting, karena pemanfaatan teknologi, perangkat lunak dalam kegiatan belajar sangat membantu para pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran serta mendorong minat siswa dalam belajar. TPA Darul Quddus unit 232 merupakan mitra dalam kegiatan PKM ini, dimana dalam kegiatan belajar dan mengajarnya masih menggunakan cara pembelajaran yang konvensional tanpa memanfaatkan teknologi dan perangkat lunak pembelajaran sehingga terkesan monoton dan membosankan bagi anak-anak generasi alpha. Tujuan dari pengabdian ini adalah mengedukasikan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan cara pengamatan langsung pada tenaga pengajar dan siswa, wawancara dan pengujian pre test dan post test pada tenaga pengajar. Luaran dari pengabdian ini menghasilkan 2 aplikasi pembelajaran berbasis desktop dan mobile, 1 aplikasi multimedia dan 1 aplikasi  manajemen tata kelola TPA. Hasil pengukuran pre test dan post test ternjadi peningkatan kemampuan, penguasaan dan pemanfaatan teknologi dan perangkat lunak dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, A., 2017. Habis Milenial dan Generasi Z, Terbitlah Generasi Alfa [WWW Document]. tirto.id. URL https://tirto.id/habis-milenial-dan-generasi-z-terbitlah-generasi-alfa-cnEs (accessed 9.17.19).

Agustina, C., Wahyudi, T., 2015. Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android Untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia. IJSE – Indones. J. Softw. Eng. 1, 1–8.

Databoks, n.d. Media Digital Membunuh Media Konvensional? [WWW Document]. 2018. URL https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/18/media-digital-membunuh-media-konvensional (accessed 9.18.19).

Halidah, I., 2006. Multimedia Untuk Anak Usia Dini Israini Halidah. J. Sist. dan Teknol. Inf.

Maharrani, A., n.d. Generasi Z, pengguna internet terbesar di Indonesia [WWW Document]. 2019. URL https://beritagar.id/artikel/berita/generasi-z-pengguna-internet-terbesar-di-indonesia (accessed 9.18.19).

Mufaro’ah, Sumarni, T., Sofiani, I.K., 2019. Pengaruh Gawai Dalam Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini ( Studi Kasus Orang Tua dari Anak Usia 5 Tahun di TKIT Ibu Harapan Kecamatan Bengkalis ). Al-Ishlah J. Pendidik. 11, 96–113.

Putra, D.W.;, Nugroho, A.P.;, Puspitarini, E.W., 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. JIMP - J. Inform. Merdeka Pasuruan 1, 46–58.

Putri, E., 2016. Generasi X, Y, Z, Alpha, Baby Boomers: Termasuk Yang Manakah Kamu? [WWW Document]. magazine.banananina.co.id. URL https://magazine.banananina.co.id/generasi-x-y-z-alpha-baby-boomers-termasuk-yang-manakah-kamu/ (accessed 9.17.19).

Simbolon, F.A., Guntur, S., Erwin, P., Sihotang, H.T., 2018. Sebagai Media Pengenalan Bagi Anak Usia Dini Dengan Metode Computer Based Instruction ( CBI ). J. Inform. Pelita Nusant. 3, 23–31.

Zahrotun, L., Soleh, Z.R., Informatika, T., Dahlan, U.A., Prof, J., Sh, S., 2015. Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini 2-3 Tahun. J. Telemat. 12, 75–81.

Published
2020-03-31
How to Cite
Guntoro Barovih, Eka Prasetya Adhy Sugara, & Nurussama. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Sebagai Media Bantu Edukasi Agama Islam Untuk Anak Usia Dini. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 152-160. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3339
Abstract viewed = 35 times
PDF downloaded = 21 times