UPAYA PENINGKATAN PRODUKSI MEBEL PADA UMKM KOTA KUPANG BERBASIS TEKNOLOGI TEPAT GUNA

  • Nursalim Nursalim Universitas Nusa Cendana
  • Agusthinus Universitas Nusa Cendana
  • Abdul Universitas Nusa Cendana
  • Nixson
Keywords: PPPUD, Masyarakat ekonomi asean, UMKM, mebeler kayu jati

Abstract

Perkembangan makro baik nasional pada umumnya dan Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya telah memperlihatkan adanya perubahan ke arah yang makin baik dalam berbagai bidang. Namun demikian, pembangunan daerah ini masih membutuhkan kerja keras dari berbagai kalangan terutama Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menghadapi persaingan bebas dan lebih khusus menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang sudah mulai berlaku di tahun 2016. Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi dengan mempercepat proses pengerjaan produksi UMKM usaha mebeler berbasis teknologi tepat guna yang lebih modern. Mitra program PPPUD ini adalah UD. Gusti Karya yang merupakan salah satu pelaku UMKM di Kota Kupang. Menurut mitra, kerajinan mebeler saat ini sangat digemari oleh masyarakat kota kupang, sebab selain kuat, mebel dapat dibuat sesuai selera konsumen. Adapun cara peningkatan produksi yang diterapkan pada kegiatan ini adalah melakukan peremajaan peralatan teknologi tepat guna dengan sistem yang lebih modern dibandingkan dengan peralatan yang mereka miliki saat ini. Luaran yang diharapkan dari program ini adalah peningkatan produksi sehingga dapat meningkatkan penghasilan dari mitra. Berdasarkan hasil pendampingan dan monitoring yang dilakukan setelah kegiatan ini diketahui bahwa, dengan adanya penerapan teknologi tepat guna tersebut dapat meningkatkan kinerja produksi mitra sampai 40 persen lebih cepat dari yang sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Fajar Usman, “Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan Daya Saing Investasi Indonesia,” Jurnal Lingkar Widyaiswara, vol. 3, no. 1, pp. 33–36.
[2] Aan Zulyanto, “Kesiapan Dalam Menghadapi Era Perdagangan Bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” Ekspansi, vol. 8, no. 1, pp. 29–45.
[3] ASRIAL, “Laporan Tahunan IbPUD Usaha Makanan Ringan (Camilan) Khas NTT Dalam Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).” Universitas Nusa Cendana.
[4] “BPS Provinsi NTT.” [Online]. Available: https://ntt.bps.go.id/publication/2018/08/31/19c804ce186904a5d26f1164/statistik-pertanian-provinsi-nusa-tenggara-timur-2017.html. [Accessed: 19-Nov-2018].
[5] “Iming-iming Laba Menggiurkan dari Budidaya Pohon Jati Putih,” Pos Kupang. [Online]. Available: https://kupang.tribunnews.com/2016/08/04/iming-iming-laba-menggiurkan-dari-budidaya-pohon-jati-putih. [Accessed: 19-Nov-2018].
[6] “Mebel Kayu Jati Diminati Warga Kupang - Pos Kupang.” [Online]. Available: https://kupang.tribunnews.com/2011/06/23/mebel-kayu-jati-diminati-warga-kupang. [Accessed: 19-Nov-2018].
Published
2019-12-25
How to Cite
Nursalim, N., Sampeallo, A. S., Wahid, A., & Meok, N. J. (2019). UPAYA PENINGKATAN PRODUKSI MEBEL PADA UMKM KOTA KUPANG BERBASIS TEKNOLOGI TEPAT GUNA. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 258-265. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3681
Abstract viewed = 208 times
PDF downloaded = 35 times