Pendampingan Pendidikan Karakter Mahasiswa HMPS PGSD Universitas Mataram dalam Kegiatan Kemah Bakti Masyarakat

  • Radiusman Radiusman Universitas Mataram
  • Muhammad Erfan Universitas Mataram
  • Deni Sutisna Universitas Mataram
  • Muhammad Syazali Universitas Mataram
  • Muhammad Sobri Universitas Mataram
Keywords: Pendidikan Karakter, Implementasi, Kemah Bakti Masyarakat

Abstract

Kegiatan kemah Bakti Masyarak (KBM) merupakan  kegiatan tahunan yang dilakukan oleh HMPS PGSD Universitas Mataram. Tujuan kegiatan KBM ini adalah membantu masyarakat desa mitra dalam menyelesaikan permasalahan di desa mitra tersebut dengan cara mengimplementasikan pendidikan karakter yang diperoleh oleh mahasiswa HMPS PGSD Universitas Mataram di dalam perkuliahan. Kegiatan KBM dilakukan di dusun Batu Pasir. Kegiatan KBM  berlangsung  selama seminggu. metode yang dilakukan mahasiswa sebelum melakukan KBM adalah survey lokasi, wawancara dengan perangkat masyarakat dan diakhiri dengan meminta ijin kepada perangkat masyarakat untuk melakukan KBM. Adapun permasalahan yang terdapat di desa mitra ini adalah kurangnya guru membaca Al-Quran, pembangunan mushola dusun, serta perbaikan fasilitas MCK. Program KBM dilakukan oleh tim pengabdi Bersama mahasiswa HMPS dan dibantu oleh unsur masyarakat. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan berhasil. Hal ini diperoleh dengan melalui hasil wawancara dengan perangkat dusun serta masyarakat sekitar yang merasa terbantu dengan adanya kegiatan KBM yang dilaksanakan di dusun Batu Pasir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, G. (2010). Proceeding Seminar dan Lokakarya Nasional Restrukturisasi Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY.

Ermayani, T. (2016). Pembentukan Karakter Remaja Melalui Keterampilan Hidup. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 127–141. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8618

Filtri, H., Bastian, A., & Reswita, R. (2017). Peran Komunikasi Orangtua dengan Guru dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Dinamisia-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–4.

Laksana, S. D. (2015). Urgensi Pendidikan Karakter Bangsa Di Sekolah. MUADDIB, 05(01), 167–183.

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468.

Pertiwi, E. prasetya. (2018). Pendampingan Guru Dalam Pembelajaran “Aspek Nilai Moral Agama Melalui Pendidikan Karakter Dan Pengenalan Pancasila” Di Paud Labschool Jember Tahun Pelajaran 2016-2017. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 113–123. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.761

Pradana, Y. (2016). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. UCEJ, 1(1), 55–67.

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakulatas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 1(1), 348–352. Medan: UNIMED.

Supraptiningrum, supraptiningrum, & Agustini, A. (2015). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, V(2), 219–228.

Suwandayani, B. I., & Isbadrianingtyas, N. (2017). Peran Budaya Sekolah Dalam pembentuka Karakter Anak Sekolah Dasar. Prosiding SENASGABUD, 34–41. Malang: UMM.

Published
2020-06-30
How to Cite
Radiusman, R., Muhammad Erfan, Deni Sutisna, Muhammad Syazali, & Muhammad Sobri. (2020). Pendampingan Pendidikan Karakter Mahasiswa HMPS PGSD Universitas Mataram dalam Kegiatan Kemah Bakti Masyarakat . Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 339-345. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3844
Abstract viewed = 398 times
PDF downloaded = 357 times