Peningkatan Kompetensi Bagi Siswa Melalui Pelatihan dan Pendampingan Jaringan Komputer Pada Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif NU 1 Karanglewas Purwokerto
Abstract
Dengan perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 yang semakin meningkat dratis siswa-siswi dituntut harus tetap mengkuti perkembangan teknologi, penguasaan TIK menjadi sangat penting mata pelajaran pada tingkat sekolah dasar maupun sekolah menengah. Program studi teknik jaringan komputer SMK-IT Ma’arif NU 1 Karanglewas dalam proses belajar mengajar mengkuti kurikulum sesuai standar pemerintah, berdasarkan permasalahan yang ada siswa hanya diberi materi sebatas pengetahuan dasar mengenai kompetensi, tidak dilengkapi praktikum yang seharusnya didapatkan siswa-siswi. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini untuk memberikan pelatihan kepada peserta mengenai konfigurasi jaringan komputer yang sebelumnya belum pernah diajarkan, diharapkan dengan adanya pelatihan dapat meningkatkan keterampilan peserta. Metode pelaksanaan menggunakan beberapa tahapan penyampaian materi dari modul yang diberikan pada saat praktek dan melakukan evaluasi. Hasil pelaksanaan dari semua kegiatan didapat bahwa pelatihan program pengabdian masyarakat kepada siswa-siswa berjalan dengan baik, antusia yang diikuti 30 siswa-siswi dengan pencapaian evaluasi materi praktikum nilai rata-rata 88%.
Downloads
References
Abdul Kadir & Terra Ch. Triwahyuni. 2013. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta.
A. M. H. Pardede And Novriyenni, “Pelatihan Perakitan Komputer, Install Sistem Operasi Dan Pemasangan Jaringan Lokal Dan Internet Untuk Membangunjaringan Warnet, Perkantoran Dan Internet Desa Dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa Smk Tunas Pelita Dan Smk Abdi Negara Kota Binjai,” Techsi-Jurnal Tek. Inform., Vol. 8, No. 2, Pp. 18–25, 2016.
Stallings William. (2015). Data and Computer Communications. (10th Edition). Pearson Education Limited. Januari.
Maulita, Y., & Lumbanbatu, K. (2017). Pelatihan Teknisi Jaringan Internet Untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Siswa SMK,. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK).,Vol.1, No.2, Juli 2017.
I. S. Faradisa, Y. Wahyuni, and F. T. Industri, “IBM Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif untuk Guru Sekolah,” Pros. Semin. Nas., pp. 270– 277, 2015
Irawan, K. (2016). Pelatihan Dan Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network) Untuk Guru-Guru di Yayayasan Perguruan Birrul Walidain Semplak Bogor,. Jurnal Adbdimas, Volume 2. Nomer 2, Maret 2016.
Sukaridhoto, S., (2014). Buku Jaringan Komputer I,. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) -2014.
Ebook gratis jaringan Komputer, Universitas Mercu Buana Yogyakarta. (2019)., from http://blog.mercubuana-yogya.ac.id/
Sasmito, G., W, dkk (2020). Studi Pengenalan Internet of Things Bagi Guru dan Siswa SMK Bina Nusa Slawi Sebagai Wawasan Salah Satu Ciri Revolusi Industri 4.0., DINAMISA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat., Vol. 4, No.1. Maret 2020.
Madcoms. (2009). “Membangun Sistem Jaringan Komputer”, Yogyakarta, Andi Publisher.