Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kemauan Kerja Siswa Kesetaraan Paket C di Kota Serang

  • Galuh Mulyawan Universitas Negeri Jakarta
  • Dede Rahamat Hidayat Universitas Negeri Jakarta
  • Aip Badrujaman Universitas Negeri Jakarta
Keywords: bimbingan karir, kemauan kerja, pendidikan kesetaraan

Abstract

Pendidikan nonformal khususnya pendidikan kesetaraan lahir untuk membantu masyarakat yang tidak dapat menikmati pendidikan formal, siswa pendidikan kesetaraan memiliki beberapa permasalahan dari hasil alat ungkap masalah  yang dilakukan pada dua lembaga pendidikan kesetaraan paket C diKota Serang, dari 10 item pernyataan terdapat 3 item yang tertingi yaitu permasalahan yang paling tinggi adalah karier dan pekerjaan 84% selanjutnya adalah permasalahan diri pribadi sebesar 35%  dan pendidikan dan pelajaran sebesar 38% , Dari hasil alat ungkap masalah diketahui bahwa salah satu permasalahan yang dominan dalam pendidikan kesetaraan paket C di Kota Serang adalah permasalahan karir, dirancanglah program bimbingan karir yang sesuai dengan karakteristik siswa kesetaraan untuk meningkatkan kemauan kerja pada siswa, Kemauan kerja (work volition) ,dari hasil pretest diketahui skor total yang diperoleh adalah 2534 setelah dilaksanakan bimbingan karier terjadi peningkatan sebesar 216 point menjadi 2750 hal ini menunjukan bahawa program bimbingan karir bagi siswa kesetaraan paket C dapat meningkatkan kemauan kerja

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, K. (2015). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP BANI MUQIMAN BANGKALAN. TADARUS: Jurnal Pendidikan Islam, 4 (2).

Asran, M. (2011). Pemetaan Masalah-Masalah Pendidikan Nonformal Di Kalimantan Barat: ( Implikasi Terhadap Peningkatan Akses Layanan Pendidikan Bermutu ). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v5i2.76

Blustein, D. (2006). The Psychology of Working. https://doi.org/10.4324/9780203935477

Duffy, R. D., Diemer, M. A., & Jadidian, A. (2012). The Development and Initial Validation of the Work Volition Scale–Student Version. The Counseling Psychologist, 40(2), 291–319. https://doi.org/10.1177/0011000011417147

Faruqi, ahmad irfan al. (2016). MENINGKATKAN DAYA SERAP SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI MENGGUNAKAN ICE BREAKINGMENINGKATKAN DAYA SERAP SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI MENGGUNAKAN ICE BREAKING. Jurnal Riset Pendidikan, 2 (1).

Jadidian, A., & Duffy, R. D. (2012). Work Volition, Career Decision Self-Efficacy, and Academic Satisfaction. Journal of Career Assessment, 20(2), 154–165. https://doi.org/10.1177/1069072711420851

Mulyawan, G. (2020). URGENSI BIMBINGAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN NONFORMAL KHUSUSNYA PENDIDIKAN KESETARAAN (EQUIVALENCY EDUCATION). Jurnal Bimbingan Konseling Indonsesia, 5 (1).

Pramudi, H. (2015). Kemampuan pengambilan keputusan karier siswa kelas XI di SMA kutasari purbalingga. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4 (4).

Walgito, B. (2005). bimbingan dan konseling (studi & karir). yogyakarta: andi offset.

Yuliansyah, M., & Jarkawi. (2019). PELATIHAN STRATEGIMENGANALISIS MASALAH SISWA DENGAN PSIKO-EDUKASI PADA SMK DI KABUPATEN BANJAR. DINAMISA - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3 (2).

Published
2020-05-29
How to Cite
Galuh Mulyawan, Dede Rahamat Hidayat, & Aip Badrujaman. (2020). Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kemauan Kerja Siswa Kesetaraan Paket C di Kota Serang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 250-254. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.4018
Abstract viewed = 22 times
PDF downloaded = 12 times