PELATIHAN SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DWI SEJAHTERA PEKANBARU

  • Guntoro Guntoro Universitas Lancang Kuning
  • Loneli Costaner Universitas Lancang Kuning
  • Sutejo Sutejo Universitas Lancang Kuning
Keywords: E-Learning, TIK, Internet

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia yang begitu pesat. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberi peluangan baru dalam penyelenggaraan pendidikan yang tidak hanya terbatas oleh ruang dan waktu dengan sistem pembelajaran berbasis internet atau disebut e-learning. Berdasarkan observasi yang dilakukan, di SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru para guru masih mengajar dengan sistem konvensional atau belajar di kelas dan belum menerapkan sistem e-learning. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan pelatihan aplikasi e-learning kepada para guru serta siswa di SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan mempermudah proses pembelajaran yang ada. Metode kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dalam bentuk ceramah, demonstrasi, dan praktik. Pelatihan ini dilakukan selama 2 sesi, di mana sesi pertama adalah memperkenalkan terkait dengan pemanfaatan e-learning dan yang kedua ada melakukan demonstrasi sekaligus praktik penggunaan e-learning yang diikuti oleh guru dan siswa-siswi.

            Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di ruang aula SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru yang dihadiri sekitar 10 guru dan 40 siswa-siswi. Proses evaluasi dilakukan dengan pengisian kuisioner. Hasil evaluasi pelaksanaan P2M ini menunjukkan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman peserta mengenai sistem pembelajaran e-learning serta bermanfaat untuk menunjang proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]Dewi, R. (2015) ‘Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Website Pada SMA / SMK Dharma Bakti Medan’, Konferensi Nasional Sistem & Informatika, pp. 9–10.
[2] W, L. A. S. (2013) ‘Perancangan E-Learning dengan Menggunakan Learning Management System (LMS)’, in Widya Warta, pp. 0854–1981.
Published
2017-12-30
How to Cite
Guntoro, G., Costaner, L., & Sutejo, S. (2017). PELATIHAN SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DWI SEJAHTERA PEKANBARU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39-45. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v1i1.411