PELATIHAN MEMBACA SOUND SYMBOL DALAM LAGU BERBAHASA INGGRIS DI TK EDUCATION 21

  • Vina Fathira Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persada Bunda
  • Lelly Zuyana Asril Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persada Bunda
  • Diana Zuriati Akademi Bahasa Asing Persada Bunda
Keywords: simbol bunyi, kosakata bahasa Inggris level dini/TK, pelatihan

Abstract

Kegiatan pengabdian ini didasari oleh kebutuhan guru-guru TK dalam membaca sound symbols yang berkaitan dengan pengucapan yang benar pada kosakata bahasa Inggris untuk level dini yang akan terus diingat oleh peserta didik pada usia ini. Berdasarkan analisis tersebut, pengucapan sebagian besar guru-guru TK di sekolah mitra dianggap masih rendah dalam membaca sound symbols bahasa Inggris. Berdasarkan analisis kebutuhan ini, tim merasa perlu untuk melaksanakan kegiatan workshop/pelatihan untuk guru-guru TK Education 21 Kota Pekanbaru yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca sound symbols berkaitan dengan pengucapan yang benar. Kegiatan ini akan dilakukan dalam 2 sesi. Pada sesi pertama, guru-guru TK di sekolah mitra diberikan pembekalan ilmu tentang sound symbols, dan contoh kosakata pada level usia dini/TK. Selanjutnya, pada sesi kedua, guru-guru TK di sekolah mitra tersebut akan diberikan  waktu untuk menjawab pertanyaan sound symbols disertai dengan contoh. Dengan adanya kegiatan ini, tim pelaksana kegiatan menargetkan dan berharap agar guru-guru bahasa Inggris di sekolah mitra mampu mengucapkan kosakata sesuai dengan sound symbols dengan benar dan dapat menerapkannya di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Agoestyowati, Redjeki. 2007. 102 English Games. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
[2] Chen, Hsuan-Yu & Jaya S. Gowsami. 2010. “The Impact of Phonetic and Phonological Instruction on the Oral Proficiency of Spanish-speaking ESL Learners”, The Asian EFL Journal, Special Edition, The 1st Asian Cebu Conference, Time Taylor Press page 111-123. Ed. P. Robertson dan R. Nunn.

[3] James, Mark O. 2010. “The Eight-fold Path of Vocabulary Development”, The Asian EFL Journal, Special Edition, The 1st Asian Cebu Conference, page 124-135. Ed. P.Robertson dan R. Nunn.
[4] Hancock, Mark. 2008. Pronunciation Games. Cambridge: Cambridge University Press.
[5] Kurniawan, Yudha. 2008. Creative Games for Kids. Jakarta: Wahyu Media.
[6] Lauder, Allan. 2008. “The Status and Function of English in Indonesia: A Review of Key Factors”, Jurnal Makara, Sosial Humaniora, Vol. 12, No. 1, Juli 2008: 9-20. Depok: Universitas Indonesia.
[7] MacMahon, Michael K.C. 2006. “English Phonetics”, The Handbook of English Linguistics. Ed. Aarts, Bas and A. McMahon. Malden, Oxford, and Victoria: Blackwell Publishing.
[8] Ogden, Richard. 2009. An Introduction to English Phonetics. Edinburgh: Edinburgh University Press.
[9] Siahpoosh, Hossein. 2008. “Pronunciation in EFL Classes and the Personality Factors in Learning Pronunciation”, TEFLIN: 6th Asia TEFL International Conference, 1-3 Agustus 2008. Bali, Indonesia.
[10] Winarno dan W. Bandjarjani. 2008. “Manipulating Local Tongue Twisters As An Alternative To Improve English Learners’ Pronunciation”, TEFLIN: 6th Asia TEFL International Conference, 1-3 Agustus 2008. Bali, Indonesia.
Published
2017-12-30
How to Cite
Fathira, V., Asril, L. Z., & Zuriati, D. (2017). PELATIHAN MEMBACA SOUND SYMBOL DALAM LAGU BERBAHASA INGGRIS DI TK EDUCATION 21. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 106-114. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v1i1.415
Abstract viewed = 453 times
PDF downloaded = 323 times