Efektifitas Pelatihan Teknik Pop-Up Untuk Meningkatkan Kreativitas Pendidik Anak Usia Dini

  • Vivi Irzalinda Universitas Lampung
  • Devi Nawangsasi Universitas Lampung
  • Sugiana Universitas Lampung
Keywords: Kreativitas, Teknik Pop-Up, Stimulasi, Media

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian untuk memberikan keterampilan media pop-up dalam peningkatan kreativitas pendidik anak usia dini. Adapun secara khusus tujuan dari pelatihan ini adalah agar guru terampil dalam hal berikut: (1) memiliki keterampilan dalam menstimulasi anak usia dini, (2) memilikiketerampilan dan pemahaman tentang pengetahuan kreatvitas pendidik anak usia dini, (3) memiliki pemahaman dan keterampilan dalam kreativitas teknik pop-up pendidik anak usia dini, (4) menganalisis efektifitas pelatihan teknik pop-up untuk meningkatkan reativitas pendidik anak usia dini. Pemilihan lokasi pengabdian di TK Tunas Bangsa menggunakan teknik purposive sampling. Sasaran kegiatan adalah guru berjumlah 25 orang. Peserta pelatihan adalah perwakilan guru yang berada di Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah dengan memberikan pelatihan diklat pendidik anak usia dini melalui penyuluhan (pemberian materi), praktek pembuatan media teknik pop-up, serta pemberian tugas (workbook), monitoring dan evaluasi. Dari hasil analisis diketahui bahwa terdapat perbedaan signifikan positif pengetahuan dan keterampilan peserta antara sebelum dan sesudah pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bluemel & Taylor. (2012). Pop Up Books: A Guide for Teachers and Librarians. USA: Library of Congress Cataloging-in-Publication-Data.

Csikszentmihalyi, Mihaly. 1996. Creativity: Flow The Psychology of Discovery and Invention. New York: Harper and Collins Publishers.

Dzuanda. (2011). Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-Tokoh Wayang Berseri, Seri ”Gatotkaca”. Jurnal Library ITS Undergraduate, (Online), (http://library.its.undergraduate.ac.id, diakses pada 11 Februari 2020).

Fadiana, M., Rosalina C.D. 2020. Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita Melalui Pembelajaran Terintegrasi Semiotik Dengan Media Buku Pop Up. DINAMISIA Jurnal

Pengabdian kepada Masyarakat. 4(2): 373-383

Johan, GM. 2020. Media Pop-Up untuk Melatihkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Visipena. Vol 11(1): 46-59

Lismayanti, M., Hamidah, A., Anggereini, E. 2016. Pengembangan Buku Pop Up Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Crustacea Untuk Sma Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi. 18(1): 47.

Montanaro, Ann. (2009). A Concise History of Popup and Movable Books. http://www.libraries.rutgers.edu/rul/libs /scua/montanar/p-intro.htm). (diakses tanggal 13 Februari 2020)

Puspitaloka, N., Hasanah S.N. 2020. Pelatihan Pembuatan Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru-Guru Raudhatul Athfal (RA). Ikraith-ADIMAS. Vol 3(1): 20-24.

Sari, Y., Kasiyati. 2018. Efektifitas Media Pop-Up untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bagian-Bagian Tubuh pada Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus. Vol 6(1) : 106-111.

Sunito, I., et.al. (2013). Metamorphing Beberapa Strategi Berfikir Kritis. Jakarta: Indeks.

Published
2021-08-24
How to Cite
Vivi Irzalinda, Nawangsasi, D., & Sugiana. (2021). Efektifitas Pelatihan Teknik Pop-Up Untuk Meningkatkan Kreativitas Pendidik Anak Usia Dini. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.4991
Abstract viewed = 336 times
PDF downloaded = 373 times