Membangun Masyarakat Mandiri dimasa Pandemi COVID-19 Melalui Pelatihan Akutansi Biaya Produk dan Teknik Pemasaran Digital

  • Desti Fitriati Universitas Pancasila
  • Nur Yulianti Hidayah Universitas Pancasila
  • Febri Maspiyanti Universitas Pancasila
Keywords: Corona, Covid 19, Akuntansi Biaya, Teknik Digital Marketing, UMKM

Abstract

Pandemi Corona membuat hampir semua masyarakat melakukan kegiatan dari rumah, baik itu urusan sekolah maupun pekerjaan. Tidak sedikit pula perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) maupun merumahkan para pekerjanya. Hal ini pula yang menyebabkan sistem keuangan Indonesia menjadi tidak stabil dan roda perekonomian Indonesia mengalami penurunan. Untuk menstabilkan sistem keuangan ini, maka langkah yang bisa dilakukan adalah membuat sebuah peluang usaha baru sebagai alternatif pendapatan. Peluang usaha baru yang diusulkan ini juga sejalan dengan karakteristik Usaha   Mikro,  Kecil  dan   Menengah   (UMKM), dimana UMKM memiliki  peranan penting  dalam  perekonomian   di  Indonesia.  Meskipun demikian, masih terdapat beberapa  hambatan  internal maupun  eksternal yang harus dihadapi pelaku UMKM. Salah satu hambatan internal yang menjadi fokus utama yang akan diangkat adalah Sumber Daya Manusia (SDM) meliputi kurangnya pengetahuan mengenai  teknologi  produksi  terbaru  dan cara menjalankan  quality control terhadap produk, kurangnya kemampuan membaca kebutuhan pasar masih belum tajam, sehingga belum mampu menangkap dengan cermat kebutuhan yang diinginkan pasar, dan pemasaran  produk  masih  mengandalkan   cara  sederhana mouth  to mouth marketing (pemasaran dari mulut ke mulut). Untuk mengatasi berbagai permasalahan di atas maka dilakukanlah kegiatan penyuluhan dan workshop tentang pelatihan akuntansi biaya dan teknik pemasaran digital, dimana topik ini diambil agar pelaku UMKM maupun masyarakat yang baru memulai usaha karena terdampak COVID-19 mendapatkan wawasan tentang cara mengendalikan dan mencatat biaya produksi, serta dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dengan desain promosi yang lebih menarik dan teknologi digital marketingnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaffey, D., Chadwick, F.E., Johnston, K., & Mayer, R. (2009). Internet marketing: strategy, implementation and practice (4th edition). Pearson Education: Prentice Hal.

CNBC. (2020). 3 Bulan Corona, 3 Juta Orang Kena PHK & Dirumahkan. Retrieve November 1, 2020, from https://www.cnbcindonesia.com/news/20200603193109-4-162890/3-bulancorona-3-juta-orang-kena-phk-dirumahkan

Dewi, S.P., & Kristanto, S.B. (2013). Akuntansi Biaya. Bogor : In Media. https://www.researchgate.net/publication/305730602_AKUNTANSI_BIAYA/link/579e3e8908ae5d5e1e171519/download

Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia dan Bank Indonesia. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Retrieve November 1, 2020, from https://bi.go.id

Mondol, S., & Mohiuddin, M. G. (2020). Confronting Covid-19 with a paradigm shift in teaching and learning: A study on online classes. International Journal of Social, Political and Economic Research, 7(2), 231–247.

Mulyadi . (2014) . Akuntansi Biaya. Edisi-5. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59-64.

Sanjaya, R. & Josua, T. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Sarfiah, S.N., Atmajaya, S.E., & Verawati, D.M. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Riset Ekonomi Pembangunan, 4 (2), 137-146. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/REP/article/view/1952

Rahmi, V.A., Ismanto, H., & Fathoni, M.Z. (2020). Inovatid saat Pandemi Covid "Pelatihan Kewirausahaan khas Perempuan Berbahan Sampah Kolaborasi BUMDes". Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat DINAMISIA, 4(3), 418-425.

Published
2021-08-24
How to Cite
Desti Fitriati, Nur Yulianti Hidayah, & Febri Maspiyanti. (2021). Membangun Masyarakat Mandiri dimasa Pandemi COVID-19 Melalui Pelatihan Akutansi Biaya Produk dan Teknik Pemasaran Digital . Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.5544
Abstract viewed = 898 times
PDF downloaded = 812 times