Pelatihan Penulisan Majalah Dinding Sekolah Di SMA Bunda Kandung Jakarta

  • Djudjur Luciana Radjagukguk Universitas Nasional
  • Yayu Sriwartini Universitas Nasional
  • Agus Salim Universitas Nasional
Keywords: Pelatihan, Teknik Penulisan, Majalah Dinding

Abstract

Dibutuhkan ide cemerlang  yang dapat dinyatakan dalam sebuah karya. Menulis menekankan pada proses dan hasil. Hal ini menunjukkan bahwa menulis tidak serta merta dimiliki oleh seseorang akan tetapi memerlukan waktu untuk menghasilkan tulisan yang baik, tentunya dengan ide yang cemerlang. Untuk mengubah ide menjadi karya cipta dilakukan serangkaian proses berpikir yang logis dan seringkali realisasinya memerlukan usaha yang terus menerus.  Generasi muda yang salah satunya adalah pelajar SMA  yang harus mampu menuangkan  suatu ide   dan kreativitasnya  dalam dunia  komunikasi sangat diharapkan sekali   untuk dapat menerapkan ilmu yang mereka miliki baik melalui majalah dinding  atau pun majalah  sekolah. Lewat kegiatan pelatihan ini diharapkan siswa siswi  dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan secara informal cara peliputan dan membuat informasi di lapangan, terlebih dalam lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Oktavia, Y., Putra, E., Silalahi, M. (2019). Pembinaan Budaya Literasi Berbasis Androiduntuk Kemahiran Bahasa Inggris Dan Kesantunan Berbahasa, DINAMISIA -Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3, Special Issue Juni 2019, Hal. 90-100. https://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/2871/1701

Mahmud. H, (2017). Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis Dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. JISIP Vol. 1 No. 2 November 2017 ISSN 2598-9944. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/viewFile/178/169

Bibi, S. & Jati, H. (2015). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi UNY. Vol 5 (1). 74-87. file:///C:/Users/USER/Downloads/5467-15133-2-PB.pdf

Misra. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Metode Latihan Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Gio Kecamatan Moutong. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 1 No. 2 ISSN 2354-614X. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/imdex.php/JKTO/article/view/2670

Sidiq, Sahabudun, dkk, (2013). Pelatihan Menulis Kreatif untuk Mengembangkan Potensi dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan vol. 2 No. 3, September 2013 hal. 217-223 ISSN: 2089-3086. http://jurnal.uii.ac.id/ajie/article/download/7881/6890

Zubaidah, Enny dan Bambang, Saptono , (2004). Pengelolaan Majalah Dinding di Sekolah. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 01/Tahun VIII/Pebruari 2004

Dalman, (2016). Keterampilan Menulis. Depok: PT. RajaGrafindo Persada

Nugroho, Ipnu.R, (2014). Menjadi Penulis Kreatif. Yogyakarta: Notebook

Surjono, Herman Dwi. (2010). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Jasmadi,. (2006). Kiat Menjadi Penulis Buku Profesional. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Published
2021-06-27
How to Cite
Radjagukguk, D. L., Yayu Sriwartini, & Agus Salim. (2021). Pelatihan Penulisan Majalah Dinding Sekolah Di SMA Bunda Kandung Jakarta . Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 788-799. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.6660
Abstract viewed = 324 times
PDF downloaded = 416 times