Pelatihan Penulisan Majalah Dinding Sekolah Di SMA Bunda Kandung Jakarta
Abstract
Dibutuhkan ide cemerlang yang dapat dinyatakan dalam sebuah karya. Menulis menekankan pada proses dan hasil. Hal ini menunjukkan bahwa menulis tidak serta merta dimiliki oleh seseorang akan tetapi memerlukan waktu untuk menghasilkan tulisan yang baik, tentunya dengan ide yang cemerlang. Untuk mengubah ide menjadi karya cipta dilakukan serangkaian proses berpikir yang logis dan seringkali realisasinya memerlukan usaha yang terus menerus. Generasi muda yang salah satunya adalah pelajar SMA yang harus mampu menuangkan suatu ide dan kreativitasnya dalam dunia komunikasi sangat diharapkan sekali untuk dapat menerapkan ilmu yang mereka miliki baik melalui majalah dinding atau pun majalah sekolah. Lewat kegiatan pelatihan ini diharapkan siswa siswi dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan secara informal cara peliputan dan membuat informasi di lapangan, terlebih dalam lingkungan sekolah.
Downloads
References
Oktavia, Y., Putra, E., Silalahi, M. (2019). Pembinaan Budaya Literasi Berbasis Androiduntuk Kemahiran Bahasa Inggris Dan Kesantunan Berbahasa, DINAMISIA -Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3, Special Issue Juni 2019, Hal. 90-100. https://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/2871/1701
Mahmud. H, (2017). Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis Dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. JISIP Vol. 1 No. 2 November 2017 ISSN 2598-9944. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/viewFile/178/169
Bibi, S. & Jati, H. (2015). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi UNY. Vol 5 (1). 74-87. file:///C:/Users/USER/Downloads/5467-15133-2-PB.pdf
Misra. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Metode Latihan Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Gio Kecamatan Moutong. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 1 No. 2 ISSN 2354-614X. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/imdex.php/JKTO/article/view/2670
Sidiq, Sahabudun, dkk, (2013). Pelatihan Menulis Kreatif untuk Mengembangkan Potensi dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan vol. 2 No. 3, September 2013 hal. 217-223 ISSN: 2089-3086. http://jurnal.uii.ac.id/ajie/article/download/7881/6890
Zubaidah, Enny dan Bambang, Saptono , (2004). Pengelolaan Majalah Dinding di Sekolah. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 01/Tahun VIII/Pebruari 2004
Dalman, (2016). Keterampilan Menulis. Depok: PT. RajaGrafindo Persada
Nugroho, Ipnu.R, (2014). Menjadi Penulis Kreatif. Yogyakarta: Notebook
Surjono, Herman Dwi. (2010). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Jasmadi,. (2006). Kiat Menjadi Penulis Buku Profesional. Yogyakarta: CV. Andi Offset