PENDAMPINGAN GURU DALAM PEMBELAJARAN “ASPEK NILAI MORAL AGAMA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENGENALAN PANCASILA” DI PAUD LABSCHOOL JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016-2017

  • eky prasetya pertiwi IKIP PGRI Jember
Keywords: Pendampingan Guru, Pendidikan Karakter, Pamcasila dan AUD

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini ditujukan untuk Guru PAUD serta Anak Usia Dini. Metode kegiatan dan metode penyampaian dalam pengabdian yang dimaksud disini adalah mengadakan pertemuan langsung dengan guru dan anak –anak di TK PAUD Labschool Jember. Pertemuan Langsung yang dimaksud adalah memberikan pendampingan pada guru secara langsung, membantu guru memberikan materi mengenai aspek moral dan pengenalan Pancasila pada anak usia dini. Kegiatan ini juga melibatkan beberapa mahasiswa yang memiliki tugas untuk membantu dalam mengawasi perilaku anak serta terlibat langsung dalam upaya penanaman pendidikan karakter dan pengenalan pancasila

masyarakat sebagaimana telah dikemukakan pada bab IV hasil Kegiatan, dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut: a. Guru  PAUD Labschool Jember sangat apresiatif terhadap pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyakarat ini. Buktinya, sebagaimana ditunjukkan hasil bahwa para khalayak sasaran mengikuti keseluruhan rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan penuh disiplin, b. Anak – anak PAUD Labschool Jember juga sangat apresiatif terhadap pendampingan menginginkan adanya penambahan waktu bersama pendamping guru pada saat melakukan aktivitas pendampingan, c. Guru PAUD Labschool Jember sangat antusiasme, sebagaimana buktinya ditunjukkan hasil wawancara langsung:

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-06-26