Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Sriwijaya
  • Machdalena Vianty Universitas Sriwijaya
  • Medio Lailatin Nisphi Universitas Sriwijaya
  • Dian Eka Sari Universitas Sriwijaya
Keywords: canva for education, desain dan produksi, media pembelajaran

Abstract

Sejak pandemi covid-19 pembelajaran umumnya memanfaatkan media pembelajaran digital.  Kepiawaian guru dalam mendesain dan memproduksi media pembelajaran digital sangat diperlukan. Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan guru dalam memproduksi media ialah canva for education yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui akun belajar.id. Kenyataannya, guru belum dapat menggunakan aplikasi canva for education. Diperlukan pelatihan dan pendampingan kepada para guru bahasa Indonesia dan bahasa Inggris di Kota Palembang. Kegiatan dilakukan dengan tutorial dan pendampingan. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru terhadap aplikasi canva for education. Rata-rata tes awal sebesar 63,33 sedangkan rata-rata tes akhir sebesar 90,83. Guru mendesain dan memproduksi media pembelajaran berbagai genre teks yakni teks prosedur kompleks, teks deskripsi, teks naratif, teks prosedur sederhana, teks rekon, dan teks cerpen. Media-media tersebut telah memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi dan menarik. Pada sisi lain, media pembelajaran berfokus kepada pengertian, tujuan, struktur, kebahasaan, dan contoh teks. Diperlukan upaya yang lebih kontinyu untuk menghasilkan media pembelajaran yang juga memfasilitasi aktivitas menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., & Susilowaty, R. A. (2021). Pelatihan pembuatan materi presentasi dan video pembelajaran menggunakan aplikasi canva kepada guru di Kota Medan dan Jayapura secara online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1–10.

Budhayanti, C. I. S., & Praba, L. N. (2021). Pelatihan strategi pembelajaran daring bagi guru-Guru di SDN O1 dan O5 Pluit. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1170–1180.

Dharma, P. S. V., Ariesta, R., & Purwadi, A. J. (2019). Implementasi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks di SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah kelas XI. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(1), 66–74.

Frince, M. S. (2014). Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 13 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 4(1), 1–12.

Hadi, M. S., Izzah, L., & Paulia, Q. (2021). Teaching writing through canva application to enhance students’ writing performance. JOLLT Journal of Languages and Language Teaching, 9(2), 228–235.

Harahap, E. P. (2018). Pemahaman guru bahasa Indonesia SMP dan SMA dalam mengembangkan butir-butir pembelajaran kebahasaan dengan pendekatan komunikatif berbasis teks. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1), 67–79.

Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, 11(1), 1–11.

Junaedi, S. (2021). Aplikasi canva sebagai media pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas mahasiswa pada mata kuliah English for information communication and technology. Bangun Rekaprima, 07(2), 80–89.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281.

Maryunani. (2021). Meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi melalui aplikasi canva untuk kelas VI SDN Krembangan selatan III Surabaya. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 190–196.

Mukti, D. H. H. (2021). Best practice optimalisasi penggunaan canva dalam penulisan formal invitation di kelas XI SMK Negeri Tanjung Palas. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(4), 196–204.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.

Putra, L. D., & Filianti, F. (2022). Pemanfaatan canva for education sebagai media pembelajaran kreatif dan kolaboratif untuk pembelajaran jarak jauh. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 125–138. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6315

Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian usability aplikasi canva. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 07(01), 165–178.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Rahmawati, D., & Suhartono, S. (2019). Pendidikan lingkungan melalui kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. In Eksplorasi Bahasa, sastra, dan Budaya Jawa Timuran sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Berbasis Ekologi (pp. 119–128).

Rusli, D. (2021). Pelatihan media belajar digital bagi guru SDIT Mutiara Pariaman di Era New Normal. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1226–1231.

Santi, I. N., Mubaraq, R., Farid, F., & Sriwanti, S. (2020). Pelatihan membuat logo usaha menggunakan aplikasi canva bagi mahasiswa wirausaha. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(November), 41–45.

Setiawan, B. A., & Jatmikowati, T. E. (2021). Pelatihan pengembangan bahan ajar handout berbasis aplikasi canva bagi guru di SMA Baitul Arqom. Abdi Indonesia, 1(1), 1–8.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan aplikasi canva untuk membuat konten gambar pada media sosial sebagai upaya mempromosikan hasil produk UKM. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Berkemajuan, 4(November), 430–436.

Taum, Y. Y. (2017). Pembelajaran sastra berbasis teks: Peluang dan tantangan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, 11(1), 12–22.

Widyatnyana, K. N., & Rasna, I. W. (2021). Penerapan model discovery learning pada materi teks cerpen dengan menggunakan media canva for education. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 229–236.

Yundayani, A., Susilawati, S., & Chairunnisa, C. (2019). Investigating the effect of canva on students’ writing skills. English Review: Journal of English Education, 7(2). https://doi.org/10.25134/erjee.v7i2.1800.Received

Published
2022-02-27
How to Cite
Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171-180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340
Abstract viewed = 1955 times
PDF downloaded = 1549 times