Pelatihan Manajemen Pengelolaan PAUD Aisyiyah Berkualitas di Provinsi Banten
Abstract
Sekolah berkualitas membutuhkan pemimpin kuat yang mengelola sekolah secara optimal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan Kepala dan Guru PAUD Aisyiyah tentang standar pendidikan untuk mewujudkan pengelolaan lembaga PAUD yang berkualitas dan meningkatkan keterampilan dalam merancang serta mengimplementasikannya. Kegiatan ini bermitra dengan Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Aisyiyah dan Pimpinan Wilayah Provinsi Banten. Pengabdian berupa pelatihan yang diikuti oleh 95 kepala dan guru PAUD Aisyiyah se-Provinsi Banten yang dilakukan secara sinkron dan asinkron. Peserta mengalami kenaikan pengetahuan dalam manajemen pengelolaan sebesar 42%. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata skor awal peserta pada saat pre-test sebesar 46/100 meningkat menjadi 88/100 setelah post-test. Keterampilan peserta dalam merancang manajemen pengelolaan juga baik dengan rata-rata nilai 85. Kegiatan Pelatihan Manajeman Pengelolaan PAUD Aisyiyah yang Berkualitas ini merupakan komitmen dari tim pengabdi untuk membangun PAUD di Indonesia, khususnya PAUD Aisyiyah karena lembaga PAUD mempunyai peranan penting memberikan stimulasi terbaik sejak dini kepada para calon generasi penerus bangsa.
Downloads
References
Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2), 56–72. Retrieved from https://jurnal.stai-yaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/163
Chandrawaty, & Masykuroh, K. (2020). Pelatihan Pengelolaan PAUD ‘Aisyiyah Berkualitas dan Berkemajuan di PD ‘Aisyiyah Jakarta Selatan. Abdimasmu, 21–30.
Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90
Guntoro Barovih, Febria Sri Handayani, & Stevanius Lie. (2021). Optimalisasi Pemanfaatan Microsoft Power Point dalam Pembuatan Materi Ajar yang Kreatif Bagi Guru SMK Nurul Iman di Era New Normal. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1097–1106. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.7065
Muljawan, A. (2020). Model dan Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahdzibi : Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 9–18. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.1.9-18
Nuridin, N., Maerani, I. A., Soleh, M. M. A., & Anwar, K. (2019). Meningkatkan kompetensi kepala sekolah swasta di Kota Semarang berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018. Indonesian Journal of Community Services, 1(2), 165–174.
Purwanti, K., AR, M., & Yusrizal, Y. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan
Kompetensi Guru Pada Smp Negeri 2 Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 390–400. https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.510
Rohmah, N., & Fatimah, D. F. (2017). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Gondangsari Jawa Tengah. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 247–273. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.12-05
Salim, N. A. (2017). Peningkatan Efektivitas Pengelolaan Sekolah Melalui Penguatan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.17977/um025v2i12017p008
Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. … Pancasila Dan Kewarganegaraan. Retrieved from http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1021