Rancang Bangun Sistem Informasi Klinik Umum dan Bersalin Berbasis Customer Relationship Management
Abstract
Klinik umum dan bersalin Dokter Rini merupakan salah satu klinik yang menyedikan jasa kesehatan. Saat ini, jumlah data pasien klinik yang berkunjung terjadi fluktuatif setiap bulannya dan juga rendahnya pasien yang melakukan konsultasi lanjutan. Hal ini dikarenakan kurang efektifnya pelayanan yang diberikan oleh pihak klinik terhadap pasien dan juga minimnya informasi dalam memberikan pelayanan ke pasien. Oleh karena itu dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pasien maka dibangun sistem informasi customer relationship management (CRM) dengan tipe sistem operasional yang dapat membantu mengelola data pasien dengan baik. Selain itu, sistem ini juga digunakan sebagai media promosi dan informasi serta menjalin komunikasi dengan calon pelanggan dan pelanggan tetap dengan menggunakan dua fase CRM yaitu fase akuisisi dan fase retensi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi klinik berbasis CRM dengan fitur reminder system.
Downloads
References
T. Wijayanti, I. Azhari, A. Dahlan, J. Prof, S. H. Soepomo, and Y. Janturan, “Pengembangan Customer Relationship Management Berbasis Web pada Griya Muslim Flora,” JUSI, vol. 1, no. 1, 2011.
Nardiman, “Pengaruh Customer Relationship Management Dan Customer Value Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah Bank Bri Unit,” J. EKOBISTEK, vol. 6, no. 2, pp. 251–262, 2017.
E. Fuad and R. Ferdiana, Perancangan Fitur E-Commerce Berdasarkan Konsep Customer Relationship Management Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan.
F. Buttle and M. Stan, Customer Relationship Management, Third edit. Butterworth-Heinemann, 2015.
H. Tohidi and M. M. Jabbari, “The Necessity of Using CRM,” Procedia Technol., vol. 1, pp. 514–516, 2012.
S. Q. Moghaddam, N. Abdolvand, and S. R. Harandi, “A RFMV model and customer segmentation based on variety of products,” J. Inf. Syst. Telecommun., vol. 5, no. 3, 2017.
Y. B. Utomo, W. W. Winarno, and A. Amborowati, “Perancangan Customer Relationship Management Pada Klinik (Studi Kasus: Klinik Pratama Nusa Medika Meritjan),” Multitek Indones., vol. 10, no. 1, p. 57, 2016.
E. C. Malthouse, M. Haenlein, B. Skiera, E. Wege, and M. Zhang, “Managing customer relationships in the social media era: Introducing the social CRM house,” J. Interact. Mark., vol. 27, no. 4, pp. 270–280, 2013.
R. A. Amal, “Hubungan Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Ibnu Sina Kota Makassar Tahun 2017,” universitas islam negeri alauddin makasar, 2017.
R. Kalakota, M. Robinson, and R. Kalakota, E-business 2.0 : roadmap for success. Addison-Wesley, 2001.
Copyright (c) 2020 Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.